oleh

Pilih Antioksidan yang Tepat untuk Tangkal Radikal Bebas

Kabar6-Tubuh Anda bisa mendapatkan radikal bebas dari lingkungan sekitar seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, asap kendaraan, polusi udara, bahan kimia industri, makanan , dan minuman.

Tak hanya itu, sebenarnya tubuh Anda juga menghasilkan radikal bebas dari proses metabolisme penting dalam tubuh, dari berbagai reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Seperti saat tubuh mencerna makanan, saat Anda bernapas, hingga melakukan olahraga.

Selain menggunakan masker dan mengurangi aktivitas luar ruang, ada juga cara lain untuk menangkal gencarnya serangan radikal bebas dalam tubuh, yaitu dengan mengonsumsi antioksidan alami dari beberapa jenis buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Ya, mengonsumsi secara rutin dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan pada tubuh akibat polusi udara. Melansir Femina, berikut makanan kaya antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas:

1. Vitamin C
Vitamin yang larut dalam air ini dipercaya dapat membantu proses regenerasi sel sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar krim pencerah wajah.

Tak hanya bermanfaat untuk mencerahkan wajah, ternyata vitamin C merupakan antioksidan paling kuat untuk tubuh kita. Lemon, jeruk, dan kiwi merupakan beberapa buah yang mengandung vitamin C paling tinggi.

2. Vitamin E
Vitamin yang larut dalam lemak ini adalah garis pertahanan pertama dalam melawan peradangan pada jaringan tubuh kita. Vitamin E dalam makanan dapat ditemukan pada minyak bunga matahari, canola, kacang tanah, dan minyak zaitun.

Almond dan biji bunga matahari juga merupakan sumber vitamin ini. Selain itu, juga ada ikan salmon dan telur yang kaya omega 3 juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

3. Beta Karoten
Mineral ini memainkan peran sangat penting dalam mengendalikan peradangan karena kandungan antioksidannya. Sayuran berdaun seperti fenugreek, selada, wortel, dan bayam adalah sumber terkaya beta karoten.

4. Lemak Omega-3
Melindungi tubuh terhadap dampak buruk polusi udara pada kesehatan jantung dan profil lipid. Sumber lemak omega-3 ini dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak ikan. ** Baca juga: Jangan Sembarangan Konsumsi Obat Pelangsing

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru