oleh

Peringati HUT RI ke 68, Tagana & Masyarakat Bersihkan Sungai

Kabar6-Memperingati HUT Kemerdekaan RI yang 68, Tagana Banten bersama masyarakat Jiput, Kabupaten Pandeglang, menggelar gotong royong membersihkan Sungai Cibakul, dari sampah-sampah yang menutupi aliran air.

Ya, aksi ratusan warga  Kampung Jiput, Desa Jiput, Kecamatan jiput, Kabupaten Pandeglang bersama Tagana Banten ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan sungai dari sampah.

Opik Taufik, penyelenggara gotong royong mengatakan, kegiatan tersebut sengaja digagas Tagana Banten demi memberikan edukasi langsung kepada masarakat, terkait pentingnya menjaga ekosistem demi mengantisipasi bencana.

“Mengisi kemerdekaan tidak harus kokang senjata. Tapi juga bagaimana berjuangan merubah pola pikira dan prilakuka masarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem sungai,” terangnya.

Wakil Ketua Tagana Banten, A. Dadang Suryana mengatakan, ketika lingkungan bersih, rapi, serta ekosistem terjaga, maka kelestarin alam akan seimbang.

“HUT RI ke-68 adalah momen yang tepat untuk mengajak masarakat sadar bagaimana peranan dan fungsi sungai bagi masyarakat itu sendiri”, tegasnya.

Sesuai Perintah Kordinator Tagana Banten H. Andika Hazrumy, bahwa Tagana juga harus siap dan tanggap dalam melakukan antisipasi kebencanaan, termasuk bagaimana memberikan pemahaman mengenai penyebab bencana itu terjadi.

“Kita ajak masarakat untuk bergotong royong membersihkan Sungai Cibakul, agar tidak menimbulkan efek banjir di kemudian hari, bila mana hujan tiba, luapan sungai di kawasan ini, di picu akibat banyaknya sampah dan rumput liar yang tumbuh, karena terjadinya pendangkalan”. tegasnya.(rani)

 

Berita Terbaru