oleh

Penggeseran Anggaran Covid-19 di Banten Diminta Tetap Libatkan DPRD

Kabar6-Ketua Komisi V DPRD Banten, M. Nizar beranggapan penggeseran dan pengalokasian anggaran melalui APBD Provinsi Banten tahun 2020 untuk keperluan penanganan dan pencegahan covid-19 di Provinsi Banten tetap harus melibatkan DPRD.”Ini untuk menghindari terjadinya kebocoran anggaran,” ujarnya Minggu 22/3/2020.

Menurut Nizar, ditengah segala kemudahan pengalokasian anggaran penanganan virus corona dan kepanikan warga, jangan sampai menjadi celah bagi pihak yang tidak bertanggung jawab mencoba memanfaatkan kondisi yang ada. “Korupsi bisa saja terjadi karena disebabkan oleh kesempatan, dan luput dari pengawan dari pihak-pihak yang terkait.”

**Baca juga: Data Covid-19 Berbeda, Kadinkes : Info Corona Banten Berdasarkan Domisili.

Untuk itu, Nizar tidak ingin alokasi anggaran penanganan covid-19 di Banten justru menjadi ajang untuk mencari keuntungan bagi pihak-pihak yang mencoba mencari untung. “Jangan sampai niatan baik ini, jadi muncul karena ada kesempatan,” katanya.

Meski begitu, dia melanjutkan, DPRD setuju pengalokasian anggaran penanganan covid-19 di Banten tidak harus melalui rapat-rapat paripurna, sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Namun, pengalokasian anggarannya tetap harus melibatkan fungsi dewan sebagai cek and balancing sesuai prosedur yang telah diatur.

Menurutnya, melalui cek and balancing dari dewan tersebut diharapkan alokasi anggaran penanganan covid -19 di Banten bisa lebih tepat sasaran. (Den)

Berita Terbaru