oleh

Pemkot Tangerang Didesak Tertibkan Spanduk Kampung Terang

Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang diminta segera menertibkan spanduk “Kampung Terang”, yang sedianya masih bertebaran di lingkungan masyarakat.

Pasalnya, keberadaan spanduk tersebut dinilai bukan sebagai inisiatif masyarakat, melainkan karena adanya instruksi tertentu dengan tujuan tertentu.

“Kalau memang keberadaan spanduk itu bukan instruksi Pemkot Kota Tangerang yang ingin dinilai berhasil dalam menjalankan programnya, tolong tertibkan,” kata ketua Jaringan Nurani Rakyat (Janur), Ade Yunus, Kamis (28/1/2016).

Karena, lanjut dia, untuk menertibkan spanduk-spanduk itu, Pemkot Tangerang tidak mesti menunggu laporan dari masyarakat. Tapi bisa bertindak lansung melalui instansi terkait,  dalam hal ini Satpol PP.

“Ya kalau ada sesuatu harus menunggu laporan dari masyarakat, lalu apa kerja mereka dan bagaimana dengan fungsi pengawasannya,” kata Ade Yunus.

Lebih jauh Ade Yunus mengatakan, beredarnya spanduk-spanduk tersebut merupakan indikasi yang berbau politik menjelang Pilkada 2018 nanti. Pasalnya, selain kemunculan spanduk itu serentak, isi spanduk juga seragam dan tidak segera ditertibkan. **Baca juga: Ada Tari Telanjang, Pemkot Ancam Tutup Great Western.

Terkait jalan-jalan lingkungan yang saat ini sudah dialiri listrik, kata Ade Yunus, merupakan kewajiban Pemkot dalam memberikan fasilitas umum kepada masyarakatnya. **Baca juga: Wow, Ada Tari Telanjang di Great Western Tangerang?

Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang, Apanudin dan Safrudin, Anggota DPRD Kota Tangerang dari  Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), juga menyampaikan hal serupa terkait munculnya spanduk Kampung Terang tersebut. **Baca juga: Spanduk “Kampung Terang” Dicibir Warga Kota Tangerang.

Keduanya akur menilai bila munculnya spanduk-spanduk itu bernuasa politik, menjelang Pilkada Kota Tangerang yang tinggal beberpa tahun lagi. ‪”Ini jelas nuansanya politik dalam menghadapi Pilkada nanti,” kata Safrudin.

‪Bahkan, Apanudin menduga bila munculnya spanduk tersebut merupakan instruksi dari Walikota (Arief R Wismansyah) melalui lurah-lurah. Sebab, selaian penyebarannya dilakukan serempak, tulisan serta bentuk sepanduknya juga serupa.

Namun demikian, berbagai tudingan warga dan wakil rakyat tersebut dengan tegas dibantah oleh Kabag Humas Pemkot Tangerang, Wahyudi Iskandar.

Ia menjelaskan, bila spanduk-spanduk itu sebagai inisiatif warga yang merasa berterima kasih kepada Pemda Kota Tangerang yang telah membuat jalan-jalan di  kampung itu terang.(alby/ges)

Berita Terbaru