oleh

Pantau Arus Mudik, Pemprov Banten Gunakan Drone

Kabar6-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bakal menggunakan drone atau pesawat tanpa awak, guna memantau kondisi arus lalulintas saat musim mudik lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Infirmasi (Dihubkominfo) Provinsi Banten, Revrie Aroes, saat uji coba drone di halaman parkir Dishubkominfo Banten, Selasa (23/06/2015).

“Nanti itu (drone) yang sudah dilengkapi dengan kamera pengintai akan sangat efektif untuk memantau kemacetan. Nanti setelah tau ada kemacetan, anggota kita akan datang untuk mengurai kemacetan,” kata  Revrie.

Menurutnya, drone yang baru dimiliki Dishubkominfo tersebut selain dapat memantau arus lalu lintas, dapat juga memantau aktifitas dan kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak.

Sehingga, efisiensi tenaga dan kecepatan dalam mengambil tindakan jika terjadi penumpukan penumpang dapat segera teratasi.

Drone tersebut tersambung langsung dengan posko utama pemantau arus mudik di dekat Pelabuhan Merak. **Baca juga: Kapolda Pertimbangkan Pengalihan Polres Kota Tangerang.

“Jangkauannya sampai 20 kilometer. Nanti akan dipantau melalui empat layar monitor di posko utama,” tegasnya.(tmn/din)

Berita Terbaru