oleh

Museum di Prancis Ini Izinkan Pengunjung Cicipi Makanan yang Dipamerkan

Kabar6-Sebuah museum di Prancis, memiliki peraturan yang sungguh berbeda dari museum pada umumnya. Museum bernama Cité Internationale de la Gastronomie (International City of Gastronomy) di Lyon, Prancis, ini ingin mengajak pengunjung untuk merasakan pengalaman yang mendalam tentang gastronomi dengan menggunakan lima panca indera.

Di museum itu, melansir Dailymail, pengunjung boleh menyentuh sampai memakan koleksi museum yang berupa makanan. “Gastronomi Lyon adalah sebuah permata untuk seni kehidupan Perancis, juga diakui sebagai bagian dari Unesco World Heritage. Sesuatu yang sangat penting bagi identitas kota dan jadi bagian dari reputasi kota,” kata David Kimelfeld, Presiden Lyon Metropole, pada pembukaan museum.

Ada beragam makanan yang boleh dicicipi para pengunjung, karena tema makanan terus berbeda, mulai dari makanan yang berasal dari satu negara hingga makanan spesial dari koki lokal.

Tidak hanya makan, pengunjung pun berkesempatan untuk belajar segala informasi soal makanan. Mulai dari bagaimana makanan berevolusi dalam sejarah hingga mendesain meja makan malam yang menarik.

Informasi yang tersedia seperti berbagai warisan kuliner dari banyak koki asal Lyon, hingga penggunaan berbagai alat di dapur di seluruh dunia. Pameran di Cité Internationale de la Gastronomie meliputi makanan jadi, resep, film, dan foto.

Pameran juga disajikan dalam bentuk interaktif seperti the Atlas of Gatromonie, gawai dengan layar sentuh dan peta raksasa di seluruh dinding dengan banyak informasi seputar aneka macam kuliner di dunia.

Diketahui, Lyon dianggap pusat budaya makanan Prancis, menjadi rumah bagi 39 ribu perkebunan dan 80 jenis wine berbeda diproduksi di area ini. ** Baca juga: Rusak Kesehatan, Pemerintah Tiongkok Berlakukan Jam Malam Video Game untuk Anak di Bawah Umur

Museum ini terletak di sebuah bangunan bekas rumah sakit bernama Grand Hotel-Dieu, dan dibuka mulai pukul 10.00-19.00 waktu setempat, dari Minggu hingga Jumat. Sedangkan pada Sabtu, Lyon buka pukul 10.00-22.00 waktu setempat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru