oleh

Menguap Itu Banyak Artinya Lho

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menguap adalah sebuah gerakan refleks menarik dan menghembuskan napas yang sering terjadi saat seseorang merasa letih atau mengantuk. Belum diketahui sebab mengapa orang-orang menguap, namun seringkali dikatakan bahwa penyebabnya adalah jumlah oksigen di paru-paru yang rendah.

Robert Provine, seorang ahli syaraf dari Universitas Maryland, Amerika Serikat, dikutip dari alodokter.com, yang sudah meneliti tentang menguap selama 30 tahun, mengatakan bahwa seseorang menguap sebagai tanda kelelahan.

Menurutnya, orang akan menguap ketika mendekati jam tidur atau setelah bangun tidur. Menguap juga ada kaitannya dengan kebosanan.

Andrew C. Gallup, PhD, seorang peneliti dari Universitas Princeton, Amerika Serikat, mengatakan bahwa manusia menguap karena untuk mendinginkan otak.

Menurutnya, ketika menguap, Anda akan melakukan peregangan rahang yang sangat kuat sehingga bisa meningkatkan aliran darah pada leher, wajah, dan kepala. Hal itu bisa membantu mengeluarkan hawa panas pada otak.

Ketika mengambil napas dalam-dalam saat menguap, udara dingin akan masuk ke dalam rongga sinus dan sekitar arteri karotis menuju ke otak kembali.

Ditambahkan Gallup, seseorang akan lebih mudah menguap ketika udara sedang berkondisi dingin dibandingkan saat udara sedang berkondisi panas.

Saat melihat orang menguap, secara tidak sadar kita akan ikut menguap. Hal itu karena menguap bersifat menular sekaligus sebagai tanda cara manusia berempati.

Adrian G. Guggisberg, MD, seorang dokter di Universitas Geneva, Swiss, mengatakan bahwa makin banyak orang yang mudah tertular dengan menguap, maka makin baik pula kemampuan mereka berempati.

“Pada manusia, sudah jelas bahwa menguap memiliki efek sosial,” ungkapnya. ** Baca juga: Ingin Nyenyak Dalam Pesawat? Konsumsi Makanan Berikut

Sudahkah Anda menguap hari ini?(ilj/bbs)

Berita Terbaru