oleh

Mengapa Tubuh Terasa Lelah Usai Makan?

Kabar6-Apakah Anda sering merasa lelah usai makan? Kondisi ini dapat disebabkan karena Anda berlebihan mengonsumsi gula atau terlalu banyak karbohidrat sederhana dalam suatu waktu.

Jika Anda merupakan seorang penderita intoleransi (alergi) gluten, maka mengonsumsi gluten dapat membuat tubuh terasa lelah dan lesu. Bahkan, dapat menyebabkan Anda kekurangan berbagai nutrisi penting bila hal ini berlangsung dalam waktu yang lama.

Anda juga mungkin mengalami alergi terhadap makanan atau intoleransi terhadap berbagai zat lain selain gluten. Melansir healthyeating.sfgate, ini penyebab mengapa tubuh terasa lelah usai makan:

1. Intoleransi gluten
Merasa lelah atau lesu setelah mengonsumsi gluten, yaitu suatu protein yang terdapat pada gandum, jelai/barley, atau gandum hitam, dapat merupakan gejala dari penyakit seliak atau intoleransi gluten.

Pada orang yang alergi, mengonsumsi gluten dapat memicu reaksi sistem kekebalan tubuh yang dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi di dalam makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat menyebabkan berbagai organ tubuh kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkannya.

Rasa lelah merupakan akibat dari kekurangan nutrisi, yang juga dapat menyebabkan timbulnya nyeri kepala. Jangan ragu hubungi dokter untuk memastikan apa penyebab rasa lelah Anda, apakah intoleransi gluten atau alergi terhadap makanan tertentu.

2. Intoleransi gluten & hubungannya dengan gangguan penyerapan nutrisi
Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika mengenai penyakit seliak, kekurangan berbagai nutrisi penting seringkali terjadi pada orang-orang yang tidak mengetahui bahwa mereka menderita intoleransi gluten.

Pada orang yang menderita intoleransi gluten, mengonsumsi gluten dapat menyebabkan iritasi dinding usus, yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting dari makanan. Gangguan penyerapan ini dapat menyebabkan Anda mengalami kekurangan zat besi, vitamin D, vitamin b12, tembaga, asam folat, magnesium, niasin (vitamin B3), dan riboflavin (vitamin B2).

Kekurangan berbagai nutrisi penting ini dapat membuat tubuh terasa lelah, lesu, dan lemas. Jadi, hindarilah konsumsi gluten bila Anda menderita intoleransi gluten. ** Baca juga: Sejumlah Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Cuaca Dingin

3. Hubungan karbohidrat sederhana dengan rasa lelah
Alasan lain Anda merasa lelah setelah makan selain intoleransi gluten adalah karena mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat sederhana. Mengonsumsi makanan kaya karbohidrat (gula) dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan menimbulkan rasa lelah serta nyeri kepala.

Bagaimana dengan Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru