oleh

Menakjubkan, Muncul Aurora Berbentuk Burung & Naga di Langit Islandia

Kabar6-Peristiwa tak biasa terjadi di langit Islandia dengan kemunculan aurora yang berbentuk seperti naga. Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet, sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

Aurora berbentuk seperti naga ini, melansir nationalgeographic, menarik perhatian NASA karena mereka belum mengetahui pasti apa sebenarnya yang membuat bentuk aurora seperti itu. Menurut NASA, munculnya bentuk naga ini bisa jadi karena pengaruh dari aktivitas matahari. Pasalnya, aurora muncul ketika garis medan magnet matahari terputar menyatu dan meledak menciptakan bintik matahari.

Dari bintik ini, akan muncul partikel-partikel yang akhirnya melayang jauh di angkasa. Ketika partikel ini melintas dan bersinggungan dengan bumi, ia akan menabrak medan magnet bumi dan masuk ke atmosfer menuju kutub.

Selama perjalanan menuju kutub, partikel kemudian melakukan interaksi dengan molekul oksigen, nitrogen, dan elemen atmosfir lainnya sehingga menciptakan cahaya indah bernama aurora.

Karena itulah NASA sempat mengalami kebingungan dengan penyebab munculnya aurora ini, karena menurut pengamatan mereka, sejauh ini tidak ada ada bintik matahari yang muncul selama Februari kemarin. ** Baca juga: Dream Machine, Mesin Penjual Makanan yang Bayarnya Pakai Postingan di Medsos

Seorang fotografer bernama Jingyi Zhang berhasil mengabadikan aurora naga. Namun Zhang semakin terkejut ketika partnernya, Wang Zheng, berhasil menangkap aurora berbentuk burung yang muncul bersamaan dengan aurora naga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru