oleh

Mantap! Seorang Reporter yang Liput Konflik Ukraina-Rusia Melaporkan dengan Memakai Enam Bahasa

Kabar6-Philip Crowther, koresponden afiliasi internasional untuk kantor berita Associated Press, menjadi viral setelah videonya saat meliput ketegangan konflik Rusia-Ukraina menggunakan enam bahasa berbeda telah dilihat lebih dari 18,7 juta kali.

Dalam laporannya, Crowther berbicara tentang krisis yang sedang berlangsung saat berbasis di Kiev, Ukraina. Melansir Newsweek, Crowther memberikan laporannya untuk enam saluran berita yang berbeda, berbicara dengan lugas dalam bahasa Inggris, Luksemburg, Spanyol, Portugis, Prancis, dan Jerman. “Liputan enam bahasa dari #Kiev dengan@AP_GMS. Dalam urutan ini: Inggris, Luksemburg, Spanyol, Portugis, Prancis, dan Jerman,” demikian tulis Crowther bersama dengan videonya.

Crowther lahir di Luksemburg dari ayah Inggris dan ibu Jerman, merupakan penutur asli bahasa Inggris, Jerman, dan Luksemburg serta fasih berbahasa Prancis, Spanyol, dan Portugis.

Sebelumnya, jurnalis ini juga meliput pelantikan Presiden Biden pada Januari 2021 dalam enam bahasa. ** Baca juga: Kayasan, Pria Asal Turki yang Sudah 14 Bulan Positif COVID-19

Tak ayal, pujian untuk kemampuan bahasa Crowther pun mengalir. “Dan burung hantu itu terlalu terpana untuk berbicara,” tulis salah satu netizen mengacu pada aplikasi pembelajaran bahasa Duolingo, yang menggunakan burung hantu sebagai maskotnya.(ilj/bbs)