oleh

Malas Olahraga? Ini Akibatnya

Kabar6-Mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan agar Anda memiliki tubuh sehat. Para pakar kesehatan pun menyarankan agar Anda rutin berolahraga agar tubuh senantiasa sehat sekaligus bugar.

Lantas, bagaimana bila Anda termasuk orang yang malas berolahraga? Tentu saja tubuh menjadi rentan terserang penyakit. Tahukah Anda, terdapat beberapa efek murigak kesehatan bila Anda malas berolahraga? Melansir beberapa sumber, hal paling umum yang kerap terjadi jika tubuh jarang berolahraga adalah kurang fit dan mudah lemas, sehingga Anda menjadi kurang bergairah saat melakukan berbagai aktivitas.

Efek lain, berat badan menjadi naik. Jarang berolahraga membuat kalori yang terdapat dalam tubuh menjadi menumpuk, dan hal itulah yang menyebabkan berat badan menjadi naik. Selain itu, bentuk tubuh pun menjadi kurang seimbang sehingga dapat menyebabkan penurunan kepercayaan diri.

Selanjutnya, Anda mudah terserang insomnia. Jika Anda selalu terjaga setiap malam dan kurang nyenyak saat tidur, bisa dipastikan bahwa tubuh kurang berolahraga. Karena dengan melakukan kegiatan olahraga, tubuh akan menghasilkan hormon yang berpengaruh pada waktu tidur sehingga menjadi lebih berkualitas.

Jarang berolahraga juga dapat berpengaruh pada bagian pencernaan, menjadi kurang lancar sehingga bisa mengalami susah buang air besar (BAB). Karena mengonsumsi makanan tinggi serat saja tak cukup, tubuhu pun sangat membutuhkan kegiatan olahraga untuk memperlancar bagian pencernaan.

Pola makan dan olahraga merupakan kedua hal yang sangat berhubungan. Jika Anda jarang melakukan olahraga, pola makan menjadi kacau, dan hal tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. ** Baca juga: Mengenal Insta-Lie, Kebohongan di Instagram

Jadi, lakukan olahraga minimal satu kali seminggu secara rutin dan diimbangi dengan pola hidup sehat.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru