oleh

Lebih Banyak di Rumah Selama Pandemi Virus Corona, Ini Jenis Bahan Makanan yang Wajib Ada

Kabar6-Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan, virus corona atau COVID-19 telah menyebar ke lebih dari 100 negara di dunia, termasuk Indonesia, sebagai pandemi. Karena itulah masyarakat diminta untuk melakukan social distancing dan tinggal di rumah jika tidak ada urusan yang mendesak di luar.

Bahkan, tidak sedikit dari perusahaan menerapkan sistem work from home (bekerja dari rumah) untuk mencegah penyebaran virus corona. Meskipun melakukan aktivitas dari rumah, Anda pun sebaiknya memperhatikan asupan nutrisi pada makanan sehari-hari.

Apa saja sih jenis makanan yang sebaiknya ada di rumah? Melansir Viva, berikut daftar makanan padat nutrisi dan awet yang akan membantu menjaga asupan keluarga dengan makanan bergizi dan enak:

1. Makanan kaleng untuk persediaan
Makanan kaleng adalah barang pokok untuk persediaan selama kondisi darurat. Hal ini karena jika disimpan pada suhu sedang (sekira 75 derajat), makanan kaleng dapat bertahan beberapa dekade.

Memiliki sayuran kaleng dan buah-buahan di rumah adalah cara yang tepat untuk memastikan bahwa Anda masih mengonsumsi vitamin dan mineral penting.

a. Buah
Cari buah kalengan yang tidak mengandung gula tambahan. Tergantung pada jenis buahnya, vitamin C akan bervariasi dari sekira 45 persen (buah persik) hingga 90 persen (anggur) dari gizi harian yang direkomendasikan per sajian. Buah persik kalengan, pir, nanas, jeruk Bali, dan jeruk nipis adalah pilihan bagus.

b. Sayuran
Sayuran kaleng seperti jagung, wortel, kacang polong dan kacang hijau, merupakan tambahan yang bagus. Pilih juga sayuran yang rendah sodium seperti labu kalengan yang kaya dengan beta karoten, yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, bit kalengan juga bisa jadi rekomendasi karena satu porsi bit memiliki 1,5 gram serat, 1,5 miligram besi dan 125 miligram kalium.

c. Kacang
Semua varietas kacang kaleng mulai dari kacang hitam hingga kacang pinto merupakan sumber protein nabati yang baik dan dapat digunakan dalam segala hal, mulai dari taco hingga sup. Periksa label kaleng untuk memastikan tidak ada garam tambahan atau bumbu yang tidak disukai.

d. Ikan merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh. Rekomendasi ikan kaleng yang bisa dipilih antara lain tuna, salmon, ikan teri dan ikan sarden.

e. Sup dan rempah, cari sup rendah sodium dan perhatikan kandungan lemak dari pilihan berbasis krim. Ingatlah bahwa kamu selalu dapat membuat sup yang relatif sederhana dengan tambahan sayuran dan rempah-rempah favorit.

2. Bahan makanan dasar, isi ulang dapur dengan bahan-bahan dasar

a. Pasta
Satu kotak pasta kering seberat satu pon menghasilkan delapan porsi, jadi satu keluarga yang terdiri dari empat orang mungkin ingin membeli empat kotak atau lebih untuk jangka waktu dua minggu.

b. Stok ayam, daging sapi, atau sayuran rendah kalori, tetapi juga sumber protein yang baik, ayam daging atau sayuran bisa dijadikan sebagai kaldu berbasis sup dan semur.
c. Telur dan roti

d. Buah kering
Meski tidak mengandung air seperti buah segar, buah kerimg mengandung banyak nutrisi. Buah kering dapat digunakan untuk sereal, oatmeal dan yogurt, dan juga dapat ditambahkan ke makanan yang dipanggang.

e. Makanan formula bayi
Ide bagus untuk menyimpan beberapa kantong makanan siap makan dan makanan ringan ramah anak untuk menambah stok makanan. Jika ada bayi di rumah, pastikan Anda memiliki susu formula yang cukup untuk setidaknya dua minggu.

3. Makanan beku
Meski banyak makanan beku tidak bertahan selamanya kamu bisa mencari buah-buahan dan sayuran beku yang seringkali sama bergizi dengan sayuran dan buah segar.

a. Sayuran
Beli berbagai sayuran beku untuk ditambahkan ke pasta, tumis kentang atau sup. Beberapa rekomendasi sayuran hijau beku yang bisa dibeli antara lain kacang polong, brokoli, dan bayam.

b. Buah beku seperti mangga potong dadu, persik, beri, dan bahkan buah naga, sangat bagus untuk smoothie dan membuat makanan penutup menjadi mudah. Seperti produk makanan kaleng lainnya, mereka juga merupakan sumber vitamin C.

c. Daging dan unggas
Dada ayam, daging sapi giling semuanya membeku dengan baik. Daging dapat diubah menjadi bahan utama dari makanan, atau dapat ditambahkan ke sup.

d. Makanan beku
Ambil beberapa liter es krim dan satu atau dua kotak es tanpa tambahan gula. ** Baca juga: Olahraga Bisa Bantu Redakan Stres

Simpan bahan makanan secukupnya, tidak perlu berlebihan apalagi panik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru