oleh

Kick-off Indonesia SDGs Action Awards 2022, Ada 7 Kategori Dilombakan

Kabar6-Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Republik Indonesia/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa resmi mengkick-off Indonesia Sustainable Development Goals (SDGs) Action Awards 2022.

Penyelenggaraan Indonesia SDGs Action Awards 2022 adalah upaya dari Kementerian PPN/Bappenas untuk mencapai target dari SDGs.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menerangkan, Indonesia SDG’s Action Award 2022 sebagai wadah kompetisi sekaligus apresiasi untuk berbagai pihak yang mendukung upaya pencapaian target. Suharso berharap ajang ini menjadi stimulus dalam upaya mencapai berbagai target SDGs 2030.

“Mudah-mudahan pemberian penghargaan pertama kali untuk aksi nyata SDGs yang dimulai pada tahun ini menjadi cemeti dan stimulan untuk bersama-sama menyelenggarakan SDGs,” ujar Suharso dalam Indonesia SDG’s Action Award 2022 yang dipantau secara daring di Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Sementara itu, Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam (SDA), Kementerian PPN/Bappenas selaku Ketua Tim Pelaksana SDGs, Josaphat Rizal Primana mengatakan, terdapat 6 kategori ditambah 1 dalam Indonesia SDG’s Action Award 2022.

“Yang pertama adalah kategori Kementerian atau Lembaga. Yaitu instansi pemerintah pusat seperti Kementerian dan LPNK (Lembaga Pemerintah Nonkementerian, red),” terangnya.

Lanjutnya, dalam kategori Kementerian atau Lembaga dikecualikan untuk mengikuti yaitu Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Koordinator (Kemenko), Sekretariat Kabinet, Sekretariat Negara, dan Kementerian PPN/Bappenas.

Dijelaskan Josaphat, dalam kategori Kementerian atau Lembaga yang bisa mengikuti lomba yaitu memiliki program atau kegiatan yang telah diimplementasikan selama 3 tahun terakhir, dan telah menunjukkan dampak.

“Masing-masing dapat mengusulkan 3 praktik terbaik atau best practices dari program atau kegiatan yang mendukung SDGs,” ungkapnya.

Kategori kedua, lanjut Josaphat, adalah kategori Pemerintah Daerah (Pemda) dari 34 Provinsi. Persyaratannya yaitu memiliki program atau kegiatan yang telah diimplementasikan selama 3 tahun terakhir, dan telah menunjukkan dampak.

“Dapat mencakup program yang dilaksanakan provinsi atau kabupaten/kota di wilayahnya. Masing-masing dapat mengusulkan 5 usulan best practices dari program atau kegiatan yang mendukung SDGs,” ungkapnya.

Kategori ketiga, lanjut Josaphat, ada Organisasi Masyarakat Sipil (OSM), kategori keempat ada Perguruan Tinggi atau Lembaga Penelitian.

**Baca juga: Kejaksaan Jebloskan Tersangka Korupsi Taspen ke Rutan Klas I Jakarta

“Kategori kelima adalah ‘Pelaku Usaha’, Kategori keenam adalah Organisasi Orang Muda, dan Kategori terakhir adalah Media,” jelasnya.

“Pendaftaran Indonesia SDGs Action Awards 2022 dibuka 12 Agustus 2022 hingga 11 September 2022,” tutupnya.(eka)