oleh

Kenali Sinyal yang Tandakan Tubuh Sudah Lelah Bekerja

Kabar6-Bekerja sepanjang hari dari pagi hingga menjeang sore, tentu saja membuat Anda lelah. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa pekerjaan yang dilakukan itu terlalu melelahkan.

Sebaliknya, tubuh justru seringkali mengirimkan semacam sinyal kelelahan. Karena itulah, melansir cosmopolitanindonesia, Anda sebaiknya mengenali sejumlah sinyal yang menandakan tubuh sudah lelah:

1. Pelupa
Riset membuktikan, stres kronis yang disebabkan oleh pekerjaan dapat berakibat langsung pada memori. Stres tersebut memberikan dampak negatif pada bagian memori spasial yang bertanggung jawab untuk membantu mengingat lokasi dan objek.

2. Sakit kepala
Menurut studi dari Mayo Clinic, sebuah perusahaan riset medis non-profit yang berasal dari Amerika Serikat, sakit kepala bisa menjadi pertanda bahwa Anda kurang minum air putih, atau justru akibat langsung dari stres akibat pekerjaan.

3. Sering jatuh sakit
Kekebalan tubuh yang melemah dapat terjadi karena terlalu lelah, stres, serta kurang tidur. Pikiran yang menumpuk, serta tekanan kerja yang konsisten dalam jangka waktu lama dapat memengaruhi kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Makan sambil lakukan aktivitas lain
Jika Anda seringkali harus sarapan sambil meluangkan waktu untuk mengecek e-mail, atau membalas pesan sambil makan siang, atau bahkan membuat bahan presentasi sambil ‘menikmati’ makan makam, ini artinya pekerjaan Anda sudah terlalu melelahkan.

Melakukan aktivitas lain saat jam makan bukanlah suatu hal yang ideal. Jam istirahat seharusnya digunakan untuk beristirahat. ** Baca juga: 5 Tanda Tubuh yang Tunjukkan Anda Berlebihan Konsumsi Daging

5. Tidak punya waktu untuk memanjakan diri sendiri
Jika Anda tidak punya waktu luang untuk bersantai, bahkan sekadar berkumpul bersama teman, pasangan, atau keluarga, maka untuk apa Anda bekerja keras sepanjang minggu?

Diketahui, mereka yang berumur panjang rata-rata menikmati hidup dan dirinya sendiri. Jadi, sediakan waktu untuk rileks agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru