oleh

Kenali Beberapa Tanda Anda Miliki Sistem Imun yang Lemah

Kabar6-Selama musim pancaroba ini, salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah tetap memperhatikan dan menjaga kesehatan. Terlebih di masa pandemi COVID-19, menjaga sistem kekebalan atau imunitas tubuh menjadi prioritas agar tidak terpapar virus Corona.

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari sel darah putih, kelenjar getah bening dan antibodi. Semuanya merupakan sel imun yang membantu tubuh melawan segala macam bentuk infeksi atau virus.

Lantas, bagaimana cara mengenali sistem imun tubuh kita sedang lemah? Melansir MSN, berikut tujuh tanda yang bisa dikenali:

1. Tingkat stres yang tinggi
Tingkat stres yang tinggi dapat menurunkan keefektifan sistem imun dalam diri, dan membuat Anda rentan terkena infeksi. Selain itu, jika Anda menjadi lebih mudah marah yang berlebihan, juga merupakan tanda dari sistem kekebalan tubuh tengah melemah.

2. Sering mengalami infeksi
Jika Anda menderita lebih dari lima infeksi telinga, sinusitis bakteri kronis, lebih dari dua kali mengalami pneumonia atau membutuhkan lebih dari tiga rangkaian antibiotik dalam setahun, Anda perlu berkonsentrasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Rentan terkena flu
Jika menderita lebih dari dua atau tiga pilek setiap tahun, Anda perlu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Juga jika Anda membutuhkan waktu lebih dari 2-4 hari untuk pulih, itu pertanda sistem kekebalan yang lemah.

4. Kelelahan
Kelelahan karena sistem kekebalan yang lemah dapat membuat tubuh terasa lesu sepanjang hari, tidak peduli seberapa baik Anda beristirahat. Sistem kekebalan yang terganggu membuat Anda merasa lelah.

5. Pemulihan luka yang lambat
Sistem kekebalan melemah tidak dapat menghasilkan kulit baru dengan cepat sehingga pemulihan luka lambat. ** Baca juga: 5 Penyakit yang Bisa Menyerang Akibat Banjir

6. Nyeri sendi
Kejadian nyeri sendi yang berulang dapat menyebabkan imunitas yang lemah. Anda mungkin juga mengalami wajah bengkak, sendi kaku dan nyeri akibat peradangan pada lapisan dalam sendi.

7. Masalah usus kronis
Menurut ilmu pengetahuan, 70-75 persen dari sistem kekebalan kita ada di saluran pencernaan. Dengan demikian, sistem kekebalan yang lambat dapat menyebabkan keasaman, diare gas, sembelit.

Yuk, jaga kesehatan tubuh sekaligus pola makan yang tepat agar kekebalan tubuh kuat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru