oleh

Kebiasaan Ini Dapat Merusak Ginjal Lho

Kabar6-Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.

 

Pentingnya fungsi ginjal ini membuat kita harus menjaganya agar bisa bekerja dengan baik. Jika ginjal tidak berfungsi maksimal, tentu saja akan sangat membahayakan tubuh kita.

 

Apa saja sih kebiasaan yang dapat merusak kinerja dan fungsi ginjal?

 

1. Sering mengonsumsi minuman berenergi. Kebiasaan ini membuat ginjal harus bekerja keras untuk menyaring zat kimia yang terdapat dalam minuman berenergi. Jika kebiasaan ini seringkali dilakukan, lambat laun bisa merusak ginjal.

 

2. Kebiasaan merokok dapat mempengaruhi kesehatan pembuluh darah, sehingga dapat mengganggu sirkulasi peredaran darah di berbagai macam organ penting tubuh, terutama pada ginjal.

 

3. Sering mengonsumsi minuman bersoda. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa soda akan membuat urin mengandung protein, yang menyebabkan kerusakan dan mempengaruhi kesehatan ginjal.

 

4. Sering menunda/menahan buang air kecil. Kebiasaan ini menyebabkan kandung kemih menjadi stres. Hal ini juga akan memberikan tekanan yang menyebabkan terganggunya kesehatan ginjal.

 

5. Kurang minum air putih. Padahal, air adalah salah satu zat yang paling penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

 

Air juga dapat memperlancar aliran darah dan membuat ginjal bekerja secara maksimal. Jika kita kekurangan cairan, yang terjadi adalah maka racun akan menumpuk dalam darah, sehingga dapat merusak fungsi ginjal.

 

6. Olahraga dapat membuat kinerja organ dalam tubuh berfungsi dengan baik. Jika Anda jarang bahkan tidak pernah berolahraga, akan  mempengaruhi kesehatan pada ginjal.

 

Jarang berolahraga membuat organ tubuh tidak bisa teregenerasi dengan baik, hingga akhirnya dapat merusak kesehatan ginjal dan membuat kolesterol dalam darah menumpuk. ** Baca juga: Tips Membedakan Es Batu Air Matang & Mentah

 

Mulai sekarang ubahlah kebiasaan Anda yang dapat merugikan kesehatan, dan terapkan pola hidup sehat. (ilj/bbs)

Berita Terbaru