oleh

Karbohidrat Bukan Satu-satunya Penyebab Kegemukan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang ‘mencurigai’ segala jenis karbohidrat sebagai penyebab kegemukan. Dikatakan, nasi sebagai sumber karbohidrat akan merangsang insulin untuk membentuk lemak.

Benarkah demikian? Dikutip dari Intisari, kecurigaan tersebut tampaknya tidak beralasan karena pada dasarnya proses ini sesuatu yang normal, menyebabkan sel-sel tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Di sisi lain, mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan akan membuat tubuh mengendapkannya dalam bentuk lemak. Terdapat dua macam karbohidrat, yaitu karbohidrat kompleks seperti nasi, bakmi, bihun, roti, dan pasta, serta karbohidrat sederhana seperti gula dan makanan manis lainnya.

Karbohidrat sederhana dengan kadar kalori tinggi bisa menyebabkan kegemukan. Sedangkan karbohidrat kompleks biasanya berasal dari tumbuh-tumbuhan yang rendah kadar lemak dan kalori.

Namun karbohidrat ini bisa tinggi kalorinya bila diolah dengan lemak, seperti minyak goreng ataupun margarin, roomboter dan sebagainya. Kalau karbohidratnya hanya diolah menjadi nasi putih saja, tentu akan aman. ** Baca juga: Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bantu Cerahkan Kulit

Sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang melakukan diet rendah karbohidrat cenderung rakus pada saat makan sehingga asupan kalorinya menjadi tinggi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru