oleh

Jenis Cermin dan Fungsinya Dalam Feng Shui

IlustrasiKabar6-Meskipun bukan kebutuhan primer, cermin merupakan salah satu benda yang dibutuhkan manusia. Penempatan cermin selain dalam kamar tidur, juga sering diletakkan pada ruang tamu, bahkan kamar mandi.

 

 

Dalam feng shui, cermin merupakan salah satu simbolisasi, berguna untuk menyiasati bermacam kasus. Cermin memiliki beberapa fungsi sesuai bentuknya antara lain yaitu memantulkan, menolak, mengalihkan, membalikkan, menyerap, menggandakan, memperdalam, dan membuyarkan.

 

Berikut jenis cermin dan fungsinya:

 

1. Cermin cembung

Dalam feng shui, jenis cermin ini banyak digunakan sebagai penyelaras. Umumnya digunakan di luar rumah yang berfungsi untuk menolak, mengalihkan, dan membuyarkan pengaruh buruk atau negatif yang datang dari lingkungan sekitarnya.

 

Cermin cembung dapat menetralisir dan memantulkan pengaruh negatif sehingga tidak sampai membawa pengaruh buruk pada rumah tinggal. Pada cermin cembung, sudut pantul yang dihasilkan menjadi jauh lebih luas dibanding menggunakan cermin datar.

 

Satu hal yang harus diperhatikan adalah penempatan cermin cembung hanya untuk bagian luar rumah dan tidak disarankan untuk ditempatkan di dalam rumah.

 

2. Cermin cekung

 

Ada beberapa pendapat mengenai penggunaan cermin cekung. Satu pendapat mengatakan bahwa cermin cekung berguna untuk menyerap energi positif dari lingkungan sekitar. Pendapat lain justru berbanding terbalik, bahwa fungsi utama cermin cekung adalah untuk menetralisir dampak buruk yang diterima dari lingkungan sekitar.

 

Cermin cekung sebaiknya digunakan untuk menangkal pengaruh lingkungan sekitar yang sangat ekstrim, yang memang tidak cukup hanya menggunakan cermin cembung biasa. Cermin cekung pun disarankan tidak ditempatkan di dalam rumah.

 

3. Cermin datar

 

Merupakan jenis cermin yang umum digunakan, yang dapat bersifat memperdalam dan menggandakan sesuatu, sehingga  sering dimanfaatkan untuk “menangkap” sesuatu yang positif dan menguntungkan.

 

Pastikan untuk memantulkan segala sesuatu yang menguntungkan, dan hindari memantulkan hal negatif yang tidak menguntungkan, seperti memantulkan pintu kamar mandi.

 

Cermin datar dapat dimanfaatkan sebagai kamuflase untuk menyembunyikan hal yang tidak ingin terlihat secara terbuka, seperti misalnya menutup anak tangga yang terletak pada posisi tidak  menguntungkan atau tangga yang terletak pada ruang tamu, dan lain sebagainya.

 

Pada kamar tidur, cermin perlu dibatasi penggunaannya. Cermin pada meja untuk berdandan sebaiknya diusahakan agar ketinggiannya tidak “memotong” kepala si pengguna cermin.(ilj)

Berita Terbaru