oleh

Jangan Tunda, Cuci Tangan Setelah Pegang 9 Benda Ini

Kabar6-Mencuci tangan menjadi hal penting dan sudah menjadi bagian hidup sehari-hari masyarakat. Ya, mencuci tangan dapat meminimalkan bakteri dan kuman. Meskipun begitu, mencuci tangan tidak harus menunggu sampai tiba waktunya makan, lho.

Anda harus mencuci tangan, melansir Popbela, apabila usai memegang sembilan benda ini. Apa sajakah itu?

1. Uang
Peneliti dari New York City Bank menemukan bahwa dalam satu dolar Amerika saja terdapat ratusan mikroorganisme, bahkan termasuk bakteri oral dan vagina serta DNA dari hewan dan virus. Penelitian lain juga menunjukkan, uang kertas dan logam juga mengandung patogen seperti E.Coli dan salmonella.

2. Buku menu
Peneliti dari University of Arizona menemukan, buku menu mengandung sekira 185 ribu organisme bakteri. Diketahui, selama berapa lama, buku menua tersebut tak pernah diganti dan berapa banyak orang yang menyentuhnya.

3. Hewan
Menurut Nesochi Okeke-Igbokwe MD, tidak semua orang segera mencuci tangan mereka setelah menyentuh hewan. Terlebih lagi, orang biasanya menganggap hewan sebagai bagian dari keluarga, sehingga mengabaikan urusan sederhana yang vital ini.

Padahal, baik hewan piaraan sendiri maupun bukan, hewan sangat mungkin membawa berbagai mikroorganisme penyebab penyakit. ** Baca juga: 6 Asupan yang Murah dan Mudah Didapat untuk Bantu Perkuat Tulang

4. Pena yang bukan milik Anda
Menurut Wall Street Journal, rata-rata jumlah bakteri pada pena adalah 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan kursi toilet, yakni 200 bakteri per meter persegi.

5. Dispenser sabun
Peneliti dari Universitas Arizona menemukan, dispenser sabun isi ulang mengandung banyak kuman. Saat Anda menekan bagian pompa, bakteri yang semula menempel di tangan pun berpindah ke bagian pump tersebut.

Bahkan, menurut pemimpin grup peneliti yakni Charles Gerba PhD., menyentuh wadah sabun ini dapat mentransfer bakteri ke tangan lebih banyak dibandingkan saat tangan Anda terjebak di dalam toilet.

6. Layar sentuh
Menurut Katy Burris, dermatologis dari Columbia University Medical Center, jenis layar sentuh dengan bakteri yang terburuk ada pada mesin KiosK yang ada di tempat publik.

7. Kenop pintu dan tiang pegangan
Bila Anda menggunakan transportasi publik, jangan lupa untuk segera mencuci tangan. Setiap hari, ada banyak orang yang juga menyentuh tiang pegangan seperti yang Anda pegang.

Demikian pula dengan pegangan yang ada seperti di eskalator maupun kenop pintu di tempat publik. Anda tentu tak dapat menjamin bahwa setiap orang yang menyentuh benda-benda tersebut tak membawa bakteri atau virus penyebab penyakit, bukan?

8. Apa pun di ruang dokter
Pasien yang datang berkunjung setiap harinya dengan berbagai keluhan penyakit tentu sudah cukup untuk memberi gambaran mengapa perlu segera mencuci tangan. Hal yang lebih mengejutkan, ada sekira 46 ribu bakteri lebih banyak pada pena dibandingkan kursi toilet.

Di samping itu, pertimbangkan pula bakteri di kursi tunggu dan kenop pintu.

9. Talenan dan spons pencuci piring
Dapur adalah salah satu lingkungan favorit bakteri. Tak hanya berasal dari bahan makanan mentah, bakteri juga berasal dari perkakas yang digunakan seperti talenan dan spons pencuci piring.

Sebuah studi menemukan sebanyak 326 spesies bakteri berada pada spons yang digunakan. Karenanya, pastikan Anda juga senantiasa mengganti barang-barang ini secara berkala.

Meskipun telah menjaga kebersihan semaksimal mungkin, Anda tidak mungkin 100 persen bebas dari bakteri, virus, atau kuman. Namun setidaknya, Anda dapat meminimalkan ‘transfer’ bakteri, yang akan menjadi bumerang bagi diri sendiri.(ilj/bbs)

Berita Terbaru