oleh

Jangan Sembarangan, Ada Cara Aman Gunakan Toilet Umum

Kabar6-Saat berada di luar rumah, toilet umum menjadi salah satu fasilitas yang sering digunakan saat Anda hendak buang air kecil atau buang air besar (BAB). Hal yang perlu diingat, toilet umum bukanlah lokasi paling bersih alias banyak kuman.

Beberapa orang terkadang menyiasatinya dengan membawa tisu basah untuk membersihkan area intim. Nah, bagaimana menghindari penyebaran kuman di toilet umum? Melansir herworld, berikut cara aman yang bisa dilakukan untuk pencegahan:

1. Perhatikan bilik-bilik yang ada
Sesaat memasuki area toilet, lakukan observasi singkat untuk melihat bilik yang paling aman dan bersih untuk digunakan. Dudukan kloset harus kering dan bebas dari kotoran yang terlihat. Pastikan bilik tersebut memiliki jumlah tisu yang cukup.

2. Bilas dengan baik
Ada kemungkinan penyebaran kuman terjadi saat Anda membilas kloset. Biasakan untuk menutup kloset saat membilasnya karena kuman bisa ‘terbang’ hingga 100 cm (dan Anda berada tepat di tengah). Gunakan tisu saat menekan tombol bilas serta saat ingin membuka pintu toilet. Ada kemungkinan gagang pintu di dalam bilik lebih kotor dibanding di bagian luar.

3. Cuci tangan
Membersihkan tangan adalah bagian terpenting saat menggunakan toilet umum. Ironisnya, wastafel kadang menjadi area paling kotor. Gunakan air hangat yang dapat membantu mendesinfeksikan tangan. Cuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik di bawah air mengalir.

4. Keringkan tangan dengan tepat
Jika toilet umum menyediakan tisu dan mesin pengering tangan, sebaiknya tetap pilih tisu untuk mengeringkan tangan. Kadang mesin pengering dapat ‘melempar’ air yang ada di tangan ke arah wajah, membuat area wajah rentan terkena kuman. Namun jika mesin pengering adalah opsi satu-satunya, pastikan kamu menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol setelahnya.

5. Tinggalkan toilet dengan aman
Saat hendak pergi dari toilet, Anda tetap harus berhati-hati terhadap kuman. Ingat, meskipun telah mencuci tangan, tidak semua orang melakukannya. Ada kemungkinan kuman mengumpul dan berkembang biak di gagang pintu toilet. Gunakan tisu untuk memegang gagang dan buang setelahnya.

6. Duduk, jangan jongkok
Kalau Anda merasa terganggu, cukup gunakan tisu sebagai alas duduk. Dengan berjongkok, Anda hanya akan membuat dudukan kloset jadi lebih kotor.

7. Lindungi barang pribadi
Hindari meletakkan ponsel dan tas di lantai atau rak yang tersedia. Hal ini berpotensi membuat barang Anda menjadi alat penyebar kuman. Akan lebih baik jika Anda menggantung tas atau mengantongi ponsel. ** Baca juga: Seberapa Efektif Diet Puasa untuk Kesehatan?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru