oleh

Jangan Abaikan, 5 Benda dalam Kamar Mandi Ini Harus Rutin Diganti

Kabar6-Meskipun menjadi tempat membersihkan tubuh saat kotor atau sepulang dari kegiatan beraktivitas sepanjang pagi hingga sore, area kamar mandi merupakan tempat yang banyak kuman.

Studi yang dilakukan pada 2014 lalu, dan dipublikasikan dalam journal Applied and Environmental Microbiology mengungkapkan, sebanyak 68-98 persen bakteri berkembang biak di kamar mandi, baik dari kulit maupun dari luar. Sekira 15 persen merupakan bakteri fecal yang berasal dari feses.

Karena itulah disarankan untuk rutin membersihkan kamar mandi. Ternyata selain kamar mandi, Anda juga wajib mengganti barang-barang dalam kamar mandi, agar terhindar dari penyakit yang bersarang pada barang tersebut. Melansir Medcom, ini dia lima barang di kamar mandi yang wajib diganti secara berkala:

1. Sikat gigi
Sikat gigi sebaiknya diganti setiap tiga bulan sekali, atau saat sikat gigi mulai terasa tidak nyaman digunakan.

2. Spons mandi
Spons mandi yang digunakan tiap hari untuk menghilangkan debu, kotoran, dan sel kulit mati yang menempel di tubuh ini wajib diganti setiap tiga minggu sekali.

Sel-sel kulit mati ditambah kondisi kamar mandi yang lembap akan membuat bakteri betah tinggal dalam spons.

3. Handuk
Handuk harus diganti setiap dua tahun sekali. Handuk berfungsi mengeringkan tubuh. Sama seperti spons mandi, karena digunakan setiap hari, maka handuk sangat rentan menjadi sarang bakteri.

4. Shower liners
Anda harus mencuci shower liner setiap bulan atau setidaknya setiap dua hingga tiga bulan. Tetapi jika Anda tidak ingin mencucinya, Anda harus menggantinya setelah satu tahun pemakaian.

Anda harus menggantinya ketika melihat tanda-tanda jamur. Jika mudah dibersihkan, Anda bisa menggunakan kembali shower liners tersebut.

5. Keset
Sama seperti handuk, Anda harus mengganti keset setiap dua tahun. Anda berjalan di atasnya setiap hari, bayangkan bagaimana kotornya keset tersebut.

Jika tak ingin membuang uang untuk menggantinya dengan yang baru, Anda bisa mencucinya setiap minggu. Seperti handuk, keset harus digantung agar kering setelah digunakan. ** Baca juga: Apa Efek Samping Berlebihan Konsumsi Makanan Berserat?

Jangan abaikan hal-hal kecil di sekitar Anda agar senantiasa terhindar dari penyakit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru