oleh

Inovasi Unggulan Kota Tangerang, Aplikasi Tangerang Live Masuk Final IGA 2020

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) setiap tahun menyelenggarakan penilaian inovasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) terinovatif melalui ajang Innovative Government Award (IGA) 2020.

Penilaian tersebut dilakukan dengan mekanisme Pengukuranlndeks lnovasi Daerah (PIID) yang telah ditetapkan melalui Permendagri no 39 tahun 2019.

Tahun ini terhimpun sebanyak 14.897 inovasi yang disampaikan 485 Pemda se-Indonesia baik Provinsi Kabupaten maupun Kota.

Dari penilaian inovasi tersebut, Kemendagri kemudian menetapkan 12 Pemerintah Kota (Pemkot) termasuk Pemerintah Kota sebagai finalis Kota Terinovative di Indonesia untuk tahun 2020 pada Innovative Government Award (IGA).

Dengan keberhasilan ini, pada 5 November 2020, Walikota Tangerang telah melakukan presentasi dihadapan tim panelis yang terdiri dari pakar inovasi Indonesia dari berbagai Kementrian dan Perguruan Tinggi dan para professional termasuk Kemendagri, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Risetdan Teknologi/Badan Riset dan lnovasi Nasional, Bappenas, Lembaga AdministrasiNegara (LAN), Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia,Kamar Dagang dan lndustri Indonesia, Media dan UCLG-ASPAC.

Walikota Tangerang, H. Arief R Wismansyah menyampaikan sejumlah program unggulan yang diusung Pemkot Tangerang sebagai upaya pemberian pelayanan paripurna kepada masyarakat Kota Tangerang.“ Dari 176 inovasi yang dilakukan Pemkot Tangerang, ada 4 program pelayanan yang menjadi unggulan,” ungkap Arief dalam keterangantertulisnya, Sabtu (7/11/2020).

Pada sesi pemaparan program IGA 2020 yang berlangsung secara daring, Arief menjabarkan keempat program unggulan yang diusung Pemkot Tangerang. Di antaranya Cageur Jasa, Sistem Informasi Manajemen Aparatur SipilNegara (SIMASN), Aplikasi Tangerang Live dan Tangerang Live Room (TLR).

Kabar6.com
Kepala Bappeda Sugihharto Achmad Bagdja (ist)

Kepala Bappeda Sugihharto Achmad Bagdja menjelaskan, Aplikasi Tangerang LIVE merupakan bentuk Inovasi Pelayanan Publik yang menjadi inovasi unggulan Pemerintah Kota Tangerang. Aplikasi Tangerang Live merupakan aplikasi satu pintu untuk keseluruhan pelayanan publik yang mengintegrasikan 46 aplikasi pelayanan publik dalam 13 kategori layanan yang dapat di akses secara mobile oleh masyarakat. Tangerang LIVE adalah portal aplikasi android Pemerintah KotaTangerang. Tangerang LIVE memuat beberapa fitur aplikasi seperti LIVE News,LAKSA, Siap Kerja, SEGAR, e-Paper, dan lain-lain.

**Baca juga: 248 Lowongan Isi Virtual Job Fair Kota Tangerang

“Mulai dari layanan kedaruratan, layanan pengaduan (LAKSA), layanan surat pengantar rt/rw, berita kota (e-paper) dan layanan tagihan airdan PBB semua ada di Tangerang LIVE,” nilai Sugihharto. Selain itu terdapat 174 aplikasi yang dikelola secara mandiri,46 aplikasi untuk publik dan 131 aplikasi internal, untuk tata kelolapemerintahan Kota Tangerang. Capaian jumlah pengguna Aplikasi Tangerang LIVEsaat ini sebanyak 508.095 orang. (adv)

Berita Terbaru