oleh

Ini Pemicu Tangsel Raih Predikat Opini WDP

Kabar6-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali memberikan predikat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

 

Penilaian ditetapkan berdasarkan hasil audit pelaporan keuangan tahun anggaran 2014.

 

Kepala BPK Perwakilan Banten, Sunarto mengatakan, masalah kekayaan lahan yang menjadi aset daerah di Kota Tangsel tidak tercatat dengan baik.

 

Ia mengharapkan kepada daerah kabupaten/kota bisa memperbaiki hingga meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

 

“Seluruhnya tidak terekam dalam invetarisasi, sehingga belum terbuktikan kepemilikan yang valid. Mudah-mudahan tahun sekarang yang belum dapat WTP dan tahun depan bisa dapat WTP,” ungkap Sunarto, Kamis (28/5/2015).

 

Terpisah, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengakui bila masalah aset dan penyerapan anggaran menjadi pemicu perolehan predikat opini WDP.

 

Menurutnya, pembenahan sumber daya manusia menjadi perhatian serius yang harus dibenahi.

 

“Pertama, soal aset pasar yang sampai saat ini masih tahapan proses penyerahan. Kedua, masih adanya kegiatan yang belum selesai oleh pihak ketiga pada Dinas Kesehatan tahun 2014,” ujar Benyamin.

 

Menurutnya, program yang belum dirampungkan Dinkes saat ini sedang dikebut. Sedangkan berkaitan dengan penyerahan aset, prosesnya di Kabupaten Tangerang sudah relatif selesai. Tinggal menunggu penyerahan saja.

 

“Aset itu kan dari tim verifikasi fasilitas umum sudah didata ulang. Kemudian pengalihan asetnya dicatatatkan di Dinas Tata Kota, kemudian dicatatkan kembali ke bagian Aset DPPKAD. InsyaAllah tahun ini beres, dan akan menjadi penilaian baik di tahun depan,” terang Benyamin lagi.

 

Meski meraih WDP, Ben mengimbau kepada seluruh aparatu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk tidak lengah dalam bekerja.

 

Justru harus lebih semangat lagi dalam menyelesaikan berbagai program kerja yang ada di masing-masing bidangnya. ** Baca juga: 100 Polantas di Tangerang Gelar Operasi Patuh Jaya

 

“Ingatkan kembali time table-nya. Semangat lagi kerjanya, agar tahun depan bisa lebih baik lagi,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru