oleh

Ini Lho Bakteri yang Sering Ada di Rumah

Kabar6-Kebersihan dan kesehatan rumah mempengaruhi kesehatan fisik dan mental penghuninya. Ya, rumah yang memenuhi kedua hal itu mampu menurunkan tingkat stres dan kelelahan, mengurasi risiko alergi serta gangguan kesehatan lainnya.

Diketahui, ada empat bakteri yang paling sering muncul di rumah. Melansir Aura, bakter pertama adalah Staphylococcus, yaitu bakteri berbentuk bundar yang biasanya berada di kulit, saluran pernapasan, dan rambut. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi dan keracunan makanan yang terkontaminasi. Selain itu, dapat mengembangkan resistensi atau kekebalan antibodi. Ini membuat infeksi makin sulit untuk diobati.

Kedua adalah Staphylococcus. Sebagian besar bakteri ini menyebabkan infeksi tenggorokan, kulit, lapisan pembungkus otak, dan paru-paru. Selanjutnya adalah Pseudomonas. Bakteri berbentuk batang ini berkembang biak di area basah seperti kolam, toilet, dapur, bak cuci, tanaman, termasuk buah dan sayur.

Pada individu yang sehat, bakteri ini ditemukan di bagian tubuh yang lembap, memicu timbulnya ruam pada kulit, dan infeksi pada mata serta telinga. Selain itu, bakteri Pseudomonas memicu infeksi serius pada individu yang daya tahannya sedang menurun.

Keempat adalah E. Colli, bakteri yang lazim ditemukan di saluran pencernaan manusia, di lingkungan sekitar, serta makanan. “Bakteri E. colli dapat berkembang biak di toilet dan kamar mandi yang tidak dibersihkan. Sebagian spesies bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pernapasan hingga saluran kemih. ** Baca juga: 4 Cara Sederhana Kendalikan Nafsu Makan yang Menggila

Jadi jangan abaikan untuk rajin membersihkan rumah dan alat-alat dalam rumah yang selalu dipakai tiap hari, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru