oleh

Ini Dia Festival yang Tak Biasa

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Festival, dari bahasa Latin berasal dari kata dasar “festa” atau pesta dalam bahasa Indonesia.

 

Festival biasanya berarti “pesta besar” atau sebuah acara meriah yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu. Atau juga bisa diartikan dengan hari atau pekan gembira dalam rangka peringatan peristiwa penting atau bersejarah, atau pesta rakyat

 

Namun dari berbagai festival yang biasanya diadakan setiap satu tahun sekali, ada beberapa festival yang menjadi kontroversi, seperti ditulis dalam laman segiempat.com, yaitu:

 

1. Festival Yulin

Festival ini diadakan setiap tahun di Tiongkok, yaitu setiap 22 Juni. Merupakan sebuah festival makan daging anjing dan kucing. Konon, Festival Yulin sudah menjadi tradisi dari para leluhur agar mendapatkan kesehatan dan keberuntungan. 

 

Festival ini tentu saja menjadi kontroversi dan paling menyita perhatian dunia lantaran menu yang disediakan dan juga cara penyajiannya. Setiap anjing dan kucing yang menjadi menu hidangan dibunuh dengan keji.

 

2. Festival Kanamara Ososo Matsuri

Festival yang berlangsung di Jepang ini, melakukan parade dengan memamerkan bentuk alat vital pria dan wanita dengan berbagai hal, seperti makanan, patung bahkan hiasan. Festival ini konon diadakan untuk mendapatkan kehamilan dan memudahkan jodoh.

 

3. Festival World Naked Bike Ride

Merupakan sebuah festival yang diadakan di Inggris, di mana setiap peserta diwajibkan untuk bersepeda tanpa mengenakan sehelai benang pun alias bugil.

 

Festival ini diadakan sebagai wadah untuk memprotes isu-isu sosial dan sebagai penegasan sikap kepada seluruh pengendara agar menghargai hak-hak para pengguna sepeda. Meski tanpa busana, festival ini melarang keras para peserta terlibat aktivitas seksual selama perhelatan.

 

4. Festival Love Parade

Festival ini sebenarnya untuk memperingati runtuhnya tembok Berlin, Jerman. Namun menjadi kontroversi lantaran sepanjang perhelatan banyak pasangan yang melakukan hubungan intim di sembarang tempat, sehingga membuat festival ini layaknya seperti festival seks bebas. 

 

Kini Festival Love Parade telah dilarang oleh Pemerintah setempat setelah terjadi kekacauan yang menelan korban jiwa. ** Baca juga: Konon, Ini Kota Paling Berdosa di Dunia

 

Hmm…ada-ada saja ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru