oleh

Imut, Sapi ini Punya Ukuran Tak Biasa

Kabar6-Saat ini tidak hanya kucing atau anjing saja yang menjadi hewan peliharaan dan kerap diajak jalan-jalan oleh sang majikan, karena sapi pun sudah menyamai ‘kedudukan’ dua hewan tersebut, lho. Bagaimana bisa?

Jangan berpikir sapi yang dipelihara itu berbadan besar seperti yang sering Anda lihat. Dilansir metro.co.uk, kini telah ada sapi berukuran mini tinggi dengan tinggi kurang dari satu meter, yang siap dijadikan hewan peliharaan menggantikan anjing maupun kucing. Berat sapi imut ini pun tak sampai seperempat dari rata-rata sapi dewasa.

Sapi yang disebut mini cow ini juga diklaim mudah akrab dengan pemiliknya seperti anjing atau kucing. Dustin Pillard, seorang peternak asal Lowa, Des Moines, AS, yang mengembangbiakkan sapi-sapi mini ini menemukan terobosan genetika baru yang membuatnya bisa menciptakan spesies sapi dengan ukuran super mini.

“Mereka mudah dipelihara dan senang berada di luar. Mereka berlari seperti anjing dan menyukai manusia. Mereka juga hewan yang tenang, bisa diterima masyarakat dengan baik. Menariknya, mereka sangat suka diperhatikan orang-orang di sekitarnya,” katanya.

Sejak kecil, diungkapkan Dustin, ia memang sangat suka dengan sapi karena orangtuanya memiliki peternakan. Pada 1992 saat kuliah, ia dan seorang teman mengunjungi pelelangan dan melihat ada ternak hewan-hewan mini. Dari sinilah, ia kemudian bercita-cita memiliki peternakan hewan mini.

Selanjutnya pada 1995, Dustin berhasil memiliki tanah seluas 10 hektare, dan membeli lima sapi mini untuk dikembangbiakkan. “Aku membeli lima sapi mini saat itu, dari situ sapi-sapi ini ada. Kami punya target agar sapi-sapi kami terus mengecil, lebih kecil dan lebih kecil lagi. Walau kecil, mereka sangat sehat,” urainya. ** Baca juga: Alpukat Raksasa dari Hawaii Beratnya 2 Kg

Wah, kedudukan anjing dan kucing bakal tergeser nih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru