oleh

HPSN, Bupati Lebak Minta Masyarakat Peduli Sampah

Kabar6-Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020 tingkat Kabupaten Lebak digelar di halaman Plaza Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kamis (12/3/2020).

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, mengingatkan, mengatasi persoalan sampah tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri. Butuh keterlibatan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat.

“Persoalan sampah merupakan persoalan yang serius dan multidimensi sehingga diperlukan kepedulian secara terus menerus,” kata Iti.

Dia berharap, peringatan HPSN bukan hanya seremonial semata, melainkan menjadi momentum kepedulian masyarakat dan mampu mengubah perilaku masyarakat untuk bisa lebih menjaga lingkungan dan pola hidup sehat.

“Kepedulian terhadap sampah harus dimulai dari diri sendiri dengan menjaga pola hidup sehat. Maka kuncinya adalah lingkungan harus bersih dan pengelolaan sampah perlu dilakukan secara menyeluruh untuk memberikan manfaat ekonomi dan kesehatan,” jelas Iti.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebak Nana Sunjana, mengaku, pihaknya terus berupaya melakukan penanganan sampah dan mendorong peran aktif masyarakat dalam membersihkan sampah.

“Kami terus berupaya melakukan penanganan sampah yang tidak hanya di kawasan wisata, namun di pemukiman, perkantoran, sekolah dan fasilitas umum lain yang tentu butuh kesadaran masyarakat.**Baca juga:

Dalam peringatan HPSN dilakukan pula penanaman pohon dan bersih-bersih sampah di kawasan wisata Pantai Ciantir.(Nda)

Berita Terbaru