oleh

Disarankan untuk Lepas Alas Kaki Saat Anda Masuk Rumah

Kabar6-Mungkin Anda mengira, rajin membersihkan seluruh celah dalam rumah akan menjamin kuman atau bakteri ‘kabur’. Padahal, meski rumah rutin dibersihkan, masih saja ada berjuta-juta kuman di dalamnya, lho.

Sebuah penelitian dari the University of Houston, melansir dokter.id, menemukan bahwa sekira 40 contoh pijakan kaki mengandung bakteri Clostridium difficile dan begitu juga dengan 39 persen sol sepatu. Clostridium difficile merupakan sejenis bakteri yang resisten (tidak mempan) terhadap antibiotika.

Terinfeksi oleh bakteri ini akan membuat seseorang mengalami diare cair, dan bahkan pada sejumlah kasus dapat berujung pada peradangan usus besar yang berbahaya.

Penelitian menemukan, hampir setengah juta orang di dunia terinfeksi oleh bakteri ini setiap tahunnya. Bakteri ini merupakan jenis kuman yang paling sering menyerang para pasien di rumah sakit, walaupun sekira 35 persen kasus di antaranya terjadi di luar rumah sakit.

Lantas, bagaimana cara bakteri ini bisa berada dalam rumah Anda? Hal ini karena sepatu yang Anda gunakan dapat terkontaminasi oleh bakteri tersebut di mana saja. ** Baca juga: Penelitian: Panjang Umur Bisa Didapat Apabila Seseorang Bahagia dengan Hidupnya

Jadi, saat Anda masuk ke rumah dengan sepatu yang telah terkontaminasi tersebut, maka bakteri ini pun ikut masuk. Selain sepatu, bakteri ini juga dapat ditemukan pada kotoran berbagai jenis hewan, termasuk burung.

Setelah spora bakteri ini menempel pada suatu permukaan, maka mereka dapat hidup hingga berbulan-bulan. Saat seseorang secara tidak sengaja menghirup spora bakteri C. diff, maka orang tersebut dapat terinfeksi.

Solusinya sangat sederhana, Anda disarankan selalu lepas sepatu setiap kali akan masuk ke rumah. Mudah, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru