oleh

Hindari Menggunakan Isyarat Tangan Seperti Ini di Negeri Orang

Kabar6-Isyarat tangan sering dipakai untuk menjelaskan sesuatu yang ingin atau kita harapkan dikerjakan oleh seseorang. Bisa juga untuk menggambarkan perasaan kita kepada orang tersebut.

 

Ada bermacam-macam isyarat tangan sesuai tujuan yang kita maksud. Namun jika Anda sedang berjalan-jalan keluar negeri, disarankan untuk berhati-hati menggunakan isyarat tangan, karena artinya bisa berbeda-beda alias tidak seperti yang Anda maksudkan.

 

Nah berikut ada beberapa isyarat tangan yang sebaiknya dihindari jika Anda berkunjung ke negara ini.

 

1. Mengacungkan Jempol (Thumbs Up)

Umumnya mengacungkan jempol menunjukkan arti positif seperti kamu hebat. Namun di Rusia, Amerika Latin, Yunani, Afrika Barat, Sardinia, Itali Selatan, dan Timur Tengah, mengacungkan jempol ternyata sama artinya seperti ketika Anda mengacungkan jari tengah.

 

2. Tanda V dengan jari telunjuk dan ibujari

Isyarat ini ada dua bentuk yaitu telapak menghadap ke dalam dan telapak tangan mengarah ke luar. Isyarat ini biasanya berarti peace (perdamaian) atau victory (kemenangan).

 

Namun di Britania Inggris, Australia, Irlandia, New Zealand, dan Italia, isyarat tangan “V” dengan telapak yang mengarah ke dalam melambangkan kelamin perempuan (vagina). Dapat juga berarti “dirikan kepunyaanmu” berkonotasi seksual yang negatif.

 

3. Tangan Terbuka (Moutza)

Di Yunani, membuka telapak tangan dan merentangkan semua jari Anda, merupakan salah satu bentuk cacian atau pelecehan. Hal ini juga berlaku di Pakistan, Kebanyakan Afrika, Jepang, serta Korea, yang dapat berarti “binatang” dengan bentuk yang sedikit berbeda, di mana jempol Anda mengarah ke telapak Anda.

 

4. Menyilangkan Jari Telunjuk dan Jari Tengah

Biasanya isyarat ini mengarti jika Anda membuat janji palsu. Namun di Vietnam, isyarat ini dapat berarti negatif yaitu menggambarkan alat kelamin perempuan. ** Baca juga: Kota Paling Romantis Ada di Sini

 

5. Lingkaran O (ujung jari telunjuk dan ibujari menempel)

Isyarat ini umumnya untuk mengartikan baik, ok, atau tidak ada masalah. Namun beberapa negara di Eropa isyarat itu justru untuk mengejek seseorang bahwa dirinya tidak berarti alias nol besar.

 

Sementara di Brazil, Jerman, dan beberapa negara Meditterranean (Laut Tengah), isyarat ini menggambarkan anus, dan digunakan untuk mengejek seseorang itu homo.

 

6. Jari metal

Tangan menggepal dengan telunjuk dan jari kelingking diacungkan, umumnya merupakan isyarat tangan metal dan rock. Namun di beberapa kebudayaan, digunakan untuk olahraga atau mengusir setan. Dapat juga berarti cuckold yaitu “Istri atau orang tersayang kamu selingkuh.”

 

7. Mengibaskan dagu (Chin Flick)

Isyarat ini jarang dipakai di Indonesia. Di Italia, isyarat ini secara sederhana dapat diartikan jika Anda mengatakan tidak. Namun di Perancis, isyarat tangan ini berarti menunjukkan kelamin Anda, dan dikenal secara sebagai bentuk makian yang juga dapat berarti “pergi” atau mengusir seseorang.

 

8. Telunjuk menempel satu sama lain

Di Mesir, isyarat ini berarti Anda ingin bercinta dengan orang yang menjadi arah isyarat tangan ini.

 

9. Memanggil dengan satu jari

Menekuk jari telujuk ke arah Anda berkali-kali, merupakan isyarat untuk memanggil seseorang. Biasanya digunakan perempuan untuk menggoda pria. Namun di Philipina, isyarat itu berarti Anda mengganggap lawan Anda sebagai anjing.

 

10. Cutis

Isyarat ini hanya dikenal dalam kebudayaan India dan Pakistan, di,mana Anda meletakkan jempol Anda di gigi seri atau gigi depan Anda, dan kibaskan atau sentilkan, untuk lebih jelas lagi sambil katakan “cutta!”. Ini berarti “Screw you and your whole family” atau “Sial untuk kamu dan seluruh keluarga kamu.”

 

Jadi, berhati-hatilah menggunakan isyarat tangan di negeri orang, jangan sampai maksud baik Anda justru dipandang negatif. (ilj)

Berita Terbaru