oleh

Hentikan 7 Kebiasaan Sepele yang Beri Efek Buruk Bagi Kesehatan

Kabar6-Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda satu sama lain. Dan kebiasaan itu sudah menjadi bagian dari aktivitas harian Anda yang terjadi berulang kali.

Sayangnya, ada sejumlah kebiasaan harian yang tanpa disadari ternyata memberikan efek merugikan bagi kesehatan. Melansir thehealthy, berikut tujuh kebiasaan yang terlihat sepele namun memiliki efek buruk untuk kesehatan:

1. Simpan dompet di saku belakang celana
Ketika Anda duduk dengan kondisi dompet masih tetap berada di saku belakang celana, maka hal tersebut dapat menyebabkan bokong menjadi tidak rata dan memicu nyeri punggung bagian bawah, nyeri pinggul, bahkan rasa sakit di punggung bagian atas atau bahu.

Dompet di saku belakang juga bisa mengiritasi saraf yang berada di punggung dan kaki bagian bawah. Kondisi ini biasanya disebut ‘fat wallet syndrome’ atau ‘wallet sciatica.

2. Pegang hidung saat bersin
Biasanya kebiasaan ini dilakukan untuk menghindari terjadinya bersin yang keras dan besar, dan memperkecil risiko penyebaran virus saat kuman. Namun, memegang hidung saat bersin dapat menyebabkan tekanan udara yang seharusnya dikeluarkan kembali ke sinus atau bagian belakang hidung melalui mulut dan tenggorokan.

Akibatnya, gendang telinga dan telinga bagian dalam akan mengalami kerusakan. Bahkan jika hal tersebut terjadi, pembuluh darah di area seperti dada, tenggorokan, mata, dan otak, dapat pecah.

3. Makan sebelum tidur
Sebuah penelitian mengungkapkan, waktu makan malam yang berdekatan dengan waktu tidur berhubungan erat dengan meningkatnya risiko GERD atau masalah lambung. Jika Anda merasa sakit perut saat tidur setelah makan, cobalah menopang kepala agar lebih tinggi dengan bantal.

4. Cuci tangan dengan air yang terlalu panas
Mungkin Anda berpikir, mencuci tangan menggunakan air panas dapat membantu menghilangkan kuman di telapak tangan. Nyatanya, hal tersebut justru bisa mengupas minyak alami pada kulit dan menyebabkan tangan menjadi tempat yang sangat cocok bagi serangga atau bakteri kulit berkembang biak.

Air yang terlalu panas juga bisa membunuh bakteri baik di area tangan yang dapat melawan infeksi.

5. Gunakan pengering tangan
Sebuah studi menunjukkan, pengering tangan di toilet umum juga meniupkan kuman feses ke tangan saat digunakan. Berdasarkan penelitian tersebut, terdapat banyak jenis bakteri, seperti patogen dan spora potensial, yang tersimpan di pengering tangan kamar mandi.

Untuk itu, sebaiknya cukup keringkan tangan Anda dengan menggunakan tisu atau handuk tangan khusus. ** Baca juga: Mandi Air Dingin Punya 7 Manfaat Tak Terduga

6. Gunakan talenan yang sama untuk daging dan sayuran
Menggunakan talenan yang sama untuk memotong daging dan sayuran ternyata memiliki pengaruh yang buruk bagi kesehatan. Hal tersebut karena sayuran yang dipotong menggunakan talenan bekas daging dapat terinfeksi bakteri salmonella yang biasa terdapat pada daging.

Untuk menghindarinya, Anda bisa mencuci talenan tersebut hingga bersih menggunakan sabun anti bakteri sebelum digunakan untuk memotong bahan masakan lainnya.

7. Tidak cuci muka sebelum tidur
Mencuci wajah sebelum tidur sangat penting dilakukan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel selama satu hari saat menjalankan aktivitas. Sayangnya, banyak orang yang masih malas mencuci muka mereka sebelum tidur akibat merasa sudah sangat lelah dan ingin segera tidur.

Padahal, kebiasaan tersebut dapat menyebabkan muka menjadi rusak akibat kotoran, polusi, serta makeup yang menumpuk pada wajah dan menutupi pori-pori.

Tinggalkan kebiasaan sepele yang ternyata bisa merusak kesehatan tubuh, dan mulailah menjalankan pola hidup sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru