oleh

Mandi Air Dingin Punya 7 Manfaat Tak Terduga

Kabar6-Saat udara terasa dingin, banyak orang yang memilih mandi dengan memakai air panas. Namun sebagian justru tetap menggunakan air dingin. Sebenarnya mana yang lebih baik, mandi dengan air panas atau dingin?

Fakta dari beberapa penelitian menunjukkan, menggunakan air dingin bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Melansir beberapa sumber, ada tujuh manfaat mandi dengan air dingin. Apa sajakah itu?

1. Lancarkan sirkulasi darah
Air dingin yang menyentuh tubuh mampu memberikan rangsangan pada aliran darah. Hal ini karena tubuh berusaha menjaga suhu yang ideal sehingga jantung akan memompa aliran darah secara lebih efisien. Peredaran darah yang lancar akan membuat kita terhindar dari penyakit kardiovaskular.

2. Tingkatkan mood
Beberapa peneliti menemukan, mandi air dingin dapat memberi manfaat bagi fisik maupun mental. Artikel yang dimuat dalam jurnal Medical Hypotheses menuliskan, mandi dengan air dingin mampu mengaktifkan sistem saraf simpatik serta meningkatkan hormon endorfin.

Nah, hormon endorfin inilah yang mampu memicu rasa senang pada tubuh dan pikiran kita, sehingga mood dan kita pun dapat terbangun dengan sendirinya menjadi baik.

3. Tenangkan kulit yang iritasi
Apabila Anda memiliki kondisi khusus pada kulit seperti eksim atau psoriasis, mandi air dingin dianjurkan untuk menjaga agar tidak gatal. Mandi dengan air hangat justru akan menghilangkan minyak alami dari permukaan kulit.

Mandi dengan air dingin sangat dianjurkan jika Anda memiliki masalah dengan skin barrier seperti iritasi, kulit mengelupas, dan sebagainya.

4. Membuat kulit lebih bercahaya
Faktanya, mandi dengan air dingin mampu mengencangkan kulit. Air dingin juga mampu menghambat aliran darah sehingga membuat kulit bersinar lebih sehat. Tidak seperti air panas, air dingin tidak akan membuat lapisan minyak alami kulit menjadi kering.

5. Redakan rasa sakit
Mandi dengan air dingin dapat menghilangkan rasa sakit. Hal ini disebabkan paparan air dingin yang mampu menyebabkan pembuluh darah mengerut, sehingga pembengkakan dan penumpukan cairan dalam tubuh berkurang.

Air dingin juga mampu memperlambat pengiriminan sinyal rasa sakit ke otak. Inilah yang membuat rasa sakit menjadi berkurang. Untuk itu, mandi air dingin cocok dilakukan setelah Anda memiliki aktivitas fisik yang intens seperti olahraga berat.

6. Bantu Anda bangun pagi
Mandi di pagi hari justru baik dilakukan karena efektif untuk membangunkan tubuh yang masih merasakan kantuk. Ketika badan terkena cipratan air dingin, asupan oksigen serta detak jantung akan otomatis meningkat, sehingga rasa kantuk bisa hilang seketika.

7. Picu turunnya berat badan
Penelitian telah menunjukkan, mandi air dingin di samping meningkatkan laju sirkulasi darah, juga dapat mengurangi lemak pada tubuh. Di dalam tubuh kita terdapat beberapa sel lemak.

Salah satunya adalah brown fat. Sel brown fat ini sebagian besar terletak pada leher juga bahu. Brown fat merupakan sel yang dapat merubah lemak menjadi energi panas saat suhu di luar tubuh Anda dingin.

Saat kita mandi dengan air dingin, tubuh akan berusaha menstabilkan suhu dengan melakukan pembakaran di dalam tubuh. Di sinilah ada kemungkinan Anda akan mengalami penurunan berat badan. ** Baca juga: Ketahui 7 Makanan Penyebab Miss V Berbau Tak Sedap

Jangan ragu mandi memakai air dingin, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru