oleh

Harapan Baru, Airin Usulkan Lembaga Pengelola Jabodetabek

Kabar6-Jutaan warga menaruh banyak harapan kepada pasangan kepala negara terpilih Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla usai Sidang Paripurna Istimewa Pengambilan Sumpah di Gedung MPR/DPR di Jakarta.

Begitupun harapan baru yang diinginkan kepala daerah di kabupaten/kota.

“Pastinya saya pribadi berharap kepemimpinan Pak Jokowi dan Pak JK lebih baik tak terkecuali bisa lebih peka terhadap permasalahan-permasalahan di daerah,” kata Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany, usai mengikuti sidang paripurna, Senin (20/10/2014).

Disodorkan pertanyaan mengenai harapannya sebagai Walikota Tangsel yang menjadi mitra ibukota negara. Airin menyarankan agar digagas terbentuknya sebuah badan pengelola Jabodetabek.

Lembaga ini bertugas sebagai lembaga mediator yang menyatukan konsep-konsep pembangunan antara DKI Jakarta dengan daerah-daerah penyangga lainnya.

Sebab, menurut Airin, masalah pelik di Jakarta tidak bisa dibahas sendiri tanpa harus melibatkan daerah-daerah penyangga. Begitupun sebaliknya.

Airin berpendapat, persoalan pembangunan DKI Jakarta dengan daerah penyangga tidak bisa dipisahkan dan harus saling terkait.

Ia menyontohkan kasus penanganan ancaman banjir dan peningkatan lebar jalan raya yang menghubungkan antara Jakarta dan koneksitas sistem transportasi dengan daerah penyangga.

Badan pengelola itu menurut Airin para penanggungjawabnya adalah kepala-kepala daerah di bawah koordinasi langsung satu kementerian atau langsung di bawah presiden. **Baca juga: Tiga Pejabat Calon Kadinkes Tangsel Direkomendasikan.

“Badan itu sifatnya bisa otonom atau semi otonom. Tinggal regulasinya bisa melalui Perpres (peraturan presiden) atau sekalian Undang-undang. Selama ini kan yang jadi persoalan mengenai tata ruang dan persoalan infrastruktur,” tegasnya.(yud)

Berita Terbaru