oleh

Hal yang Sebaiknya Dilakukan Jika Anda Pengguna Transportasi Umum

Kabar6-Tidak sedikit orang yang memilih menggunakan transportasi umum, dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya karena malas menghadapi kemacetan di jalan raya.

Naik transportasi umum membuat tubuh lebih aktif bergerak dibandingkan naik kendaraan pribadi. Meskipun demikian, Anda tetap harus waspada saat bepergian dengan transportasi umum.

Hal ini karena banyaknya mikroorganisme penyakit. Pada saat menggunakan transportasi umum, artinya Anda berbagi ruangan dengan orang yang tidak Anda kenal. Jadi, bisa saja bakteri atau virus yang dibawa oleh orang lain menempel di tubuh Anda.

Agar tetap sehat dan terhindar dari penularan penyakit saat naik transportasi umum, melansir Femalesia, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satu tips ampuh adalah mencuci tangan. Hal ini menghindarkan Anda dari kuman penyakit yang menempel di tangan. Usahakan untuk mencuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun agar terhindar dari penyakit. Selain itu, membawa hand sanitizer pun dapat menjadi alternatif lain.

Kebiasaan ini menghindarkan Anda dari kuman penyakit yang menempel di tangan. Jika memungkinkan, Anda dapat memasukkan tangan di saku selama naik kendaraan umum untuk menghindari sentuhan dari orang lain.

Selain mencuci tangan, Anda juga bisa berkumur dengan obat kumur antiseptik sebelum melakukan perjalanan. Pada saat melakukan perjalanan dengan angkutan umum, terkadang Anda lupa untuk memakai masker untuk menutupi mulut Anda. Akibatnya, polusi dan bakteri rentan masuk ketika bernapas dengan mulut dan membuat Anda tertular penyakit.

Tidak jarang saat bepergian dengan angkutan umum, Anda menyentuh pegangan atau pintu bus yang mungkin penuh bakteri. Tanpa sadar, Anda menyentuh mulut dengan tangan yang penuh bakteri.

Itu sebabnya, berkumur sebelum dan setelah naik angkutan umum dapat menghindarkan diri dari risiko ini dan membuat Anda tetap sehat. Berkumur sebelum dan setelah naik transportasi umum dapat menghindarkan Anda dari risiko ini sehingga tubuh tetap sehat.

Hal lain, biasanya bagian tengah sebuah bus atau kereta berisi lebih banyak orang dibandingkan pada bagian depan atau belakang. Semakin sedikit orang yang Anda temui, semakin sedikit pula peluang bakteri dan virus berpindah dari mereka untuk kemudian menginfeksi Anda.

Kursi di dekat jendela atau setidaknya ada teman di sebelah Anda pun dapat menjadi cara agar untuk menghindari orang yang membawa kuman penyakit. ** Baca juga: Tidak Berani Coba Makanan Baru Ternyata Berisiko Tingkatkan Gangguan Kesehatan

Tetap jaga kebersihan dan kesehatan agar terhindari dari kuman, virus dan bakteri yang merugikan.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru