oleh

DPKP Tangsel Perketat Pengawasan Makanan Berbahaya

Kabar6-Makanan mengandung zat berbahaya masih marak beredar di sejumlah pasar modern dan tradisional di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Hal itu diakui Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Tangsel, Dadang Raharja, Sabtu (4/7/2015).

Dikatakan Dadang, Pemkot Tangsel bakal menggandeng pengelola pasar yang ada di kota tersebut, untuk bekerjasama dalam pengawasan bahan pangan yang dijual di pasar.

“Nantinya di pasar yang ada di Tangsel akan disediakan labortarium uji makanan. Jadi, setiap bahan pangan yang akan masuk ke pasar, dites dulu melalui laboratorium ini,” katanya.

Terkait pengecekkan dan pengawasan, Dadang mengaku secara intensif sudah dilakukan setiap bulan. Pengawasan yang menggandeng Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain itu berupa pengecekkan bahan pangan menggunakan alat uji.

“Bahan makanan kita uji, Kita bekerjasama dengan lab di Ciracas (Jakarta Timur). Jadi, kalau hasil lab positif mengandung zat berbahaya, langsung kita tegur pedagangnya dan diberi peringatan,” tandasnya.

Ia berharap, dengan pengawasan rutin dan pengadaan laboratorium uji makanan di setiap pasar, bakal menekan peredaran makanan mengandung zat berbahaya. **Baca juga: Ini Alasan Partai Nasdem Usung Airin di Pilkada 2015.

“Harapan ke depan, konsumen akan lebih merasa nyaman berbelanja di pasar,” tandasnya.(yud)

Berita Terbaru