oleh

Donasi Korban Bencana Lebak Capai Rp300 Juta, BPBD Pastikan Bisa Dipertanggungjawabkan

Kabar6-Selama masa tanggap darurat bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi di Kabupaten Lebak, bantuan terus mengalir dari instansi pemerintah, masyarakat, organisasi, komunitas, swasta dan lain-lain.

Tidak hanya berupa logistik kebutuhan pengungsi, bantuan berupa donasi uang juga diberikan oleh sejumlah pihak kepada pemerintah daerah.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi, mengatakan, bantuan donasi uang yang tercatat mencapai Rp300 juta.

“Luar biasa ya, yang melalui rekening kami hampir Rp300 juta. Ini harus kami laporkan kepada pimpinan, harus terekam, diterima dari mana lalu dikeluarkan untuk apa, itu harus bagus laporannya,” kata Kaprawi, Jum’at (14/2/2020).

Saat tanggap darurat bencana, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak memang menolak menerima bantuan dalam bentuk uang.

“Tapi karena masyarakat memaksa lalu kami hitung jumlahnya hampir Rp300 juta,” ujarnya.**Baca juga: Dewan Khawatir Investasi Ancam Wisata di Lebak.

Dia menjelaskan, dana tersebut akan dipergunakan untuk kegawatdaruratan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kebutuhan penanganan pasca bencana.

“Misalnya masyarakat butuh air butuh sanitasi atau butuh yang lain kaitan dengan hal terdampak bencana, untuk itu. Dan pastinya bisa dipertanggungjawabkan,” tutup Kaprawi.(Nda)

Berita Terbaru