oleh

Dewan Khawatir Investasi Ancam Wisata di Lebak

Kabar6-Anggota DPRD Kabupaten Lebak Peri Purnama, mengkhawatirkan, destinasi wisata khususnya wisata pantai terancam dengan investasi yang memang sedang dibuka selebar-lebarnya oleh pemerintah daerah.

“Wisata ini kan menjadi arah baru visi Kabupaten Lebak ke depan, justru saya khawatir sektor ini terancam oleh investasi. Salah satunya destinasi wisata pantai yang terancam tambak udang,” kata Peri di ruang Komisi I kepada Kabar6.com, Jum’at (14/2/2020).

Tidak sedikit kata anggota Fraksi Partai NasDem ini, pantai yang sebelumnya sering dikunjungi wisatawan dibangun tambak udang yang justru menjadi profit oriented.

“Keran investasi yang dibuka lebar ini yang menimbulkan kekhawatiran saya, elemen masyarakat dan pelaku wisata. Ini jangan sampai invetasi malah mengancam kearifan lokal,” tegas Peri.

Peri menyebut, misalnya Pokdarwis (Kelompok sadar wisata) Malingping yang khawatir wisata Danau Talanca cepat atau lambat menjadi tambak udang. Kemudian di Binuangeun terdapat tambak ikan kerapu.

“Beberapa hari lalu kami ke sana, masyarakat mengeluh karena air sumur mereka asin akibat saat pengusaha menarik air laut ke darat untuk tambak, pembuangannya itu drainasenya tidak ditembok, artinya langsung ke pasir dan menyerap airnya,” ungkap Peri.

**Baca juga: Butuh Sinergi Seluruh Komponen Capai Visi Wisata Lebak.

Dia meminta secara tegas agar setiap invetasi memperhatikan tata ruang wilayah dan perizinan lingkungan.

“Dan jangan sampai menghantam sempadan pantai yang sudah jelas melanggar aturan pemerintah pusat,” tandasnya.(Nda)

Berita Terbaru