oleh

DLH Kota Tangerang Implementasikan Kampung Iklim

Kabar6-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang sejak sejak 2019 lalu telah membuat program serta mengimplementasikan kampung iklim di wilayah kota yang berjuluk seribu industri sejuta jasa ini.

Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dedi Suhada, Kamis (13/2/2020).

Dikatakannya, bahwa program Kampung iklim merupakan gerakan perubahan iklim berbasis komunitas, mengingat semakin banyaknya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang menyebabkan perubahan dan penurunan emisi GRK yang disebabkan karena kurangnya pemahaman tentang lingkungan hidup.

“Kita sudah bangun kampung iklim sebanyak 50 RW di 39 Kelurahan yang tersebar di 13 Kecamatan wilayah Kota Tangerang. Dalam pembinaannya 5 RW didampingi satu orang instruktur dengan jumlah instruktur 10 orang,” ujarnya saat ditemui diruanga kerjanya.

“Dengan tujuan utama pembentukan kampung iklim ini adalah mendorong masyarakat untuk melakukan adaptasi dan mengambil langkah-langkah mitigasi terhadap berbagai dampak perubahan iklim dilingkungan masing-masing,” tambahnya.

kabar6.com
Kampung Iklim di Kota Tangerang.(Ist)

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada DLH, Muh.Tahkhir. Dia menjelaskan, pihaknya fokus pada kegiatan kampung iklim dengan penghijauan, pembuatan lubang biopori serta pemilihan sampah.

“Kita saat ini fokus dengan ketiga hal tersebut, sebagai langkah preventif dalam hal pencegahan perubahan iklim sehingga masyarakat lebih berpartisipasi.

Ketiga fokus itu, dirinya pun mencontohkan apabila ada pohon yang ditebang harus dilakukan penghijauan kembali, apabila tidak dilakukan akan merusak lingkungan itu sendiri.

Selain itu, dalam mengantisipasi banjir pihaknyapun melakukan pembuatan lubang biopori,” tambahnya.

Muh. Tahkhir melanjutkan, pemilahan sampah yang nantinya bisa dimanfaatkan dalam membuat bank sampah. Setelah itu bank sampah itu dilakukan akan berdampak pada nilai ekonomis yang nantinya bisa dirasakan manfaatnya sama masyarakat itu sendiri.

kabar6.com
Kampung Iklim di Kota Tangerang.(ist)

Dalam melakukan penilaian terhadap kampung iklim tersebut, DLH menggandeng sejumlah stakeholder sehingga lebih untuk menilai implementasi serta evaluasi dari program kampung iklim itu.**Baca juga: Kampus Kehidupan Lapas Pemuda Tangerang Gelar Kuliah Perdana.

“Nanti akan kita umumkan pemenang kampung iklim terbaik di pra HUT Kota Tangerang ke 27, rencana akan kita umumkan di tanggal 21 Februari 2020 ini,” tandasnya.(ADV)

Berita Terbaru