oleh

Dinkes Kabupaten Tangerang Stok 1000 PCR Khusus Calhaj

Kabar6-Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Sumihar Sihaloho menyediakan kuota PCR gratis bagi calon jamaah haji (calhaj). Target sasaran sebanyak seribu dan yang digunakan sebanyak 800 orang.

Ia mengatakan, dinas kesehatan mengacu kepada regulasi kementerian kesehatan dan sudah di keluarkan Surat Edaran Haji Nomor 0202/1/501/2022 tentang Pemeriksaan PCR.

“Berdasarkan edaran dari kementerian kesehatan semua biaya bersifat gratis untuk jamaah haji, dan nanti pembiayaan semuanya itu akan diklaim ke pusat dari masing-masing daerah. Biaya yang timbul untuk PCR ini dapat diklaim, pengajuannya ke pusat kesehatan haji di kementerian kesehatan,” katanya di Tigaraksa, Sabtu (27/5/2022).

Ia melanjutkan, selama ini dari lokasi pemeriksaan PCR calon jamaah haji provinsi penunjukan faskesnya kepala dinas provinsi Banten Nomor 821/0060/ kesehatan P2P/5/2022. Tentang penetapan fasilitas kesehatan dan kerja sama untuk pemeriksaan reletan PCR bagi jamaah haji.

“Disini telah ditunjuk nama-nama faskesnya untuk Kabupaten Tangerang sendiri menunjuk laboratorium pemeriksaan labkesda Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

**Baca juga: BPBD Kabupaten Tangerang Bangun Tenda Pengungsian Warga Terdampak Rumah Roboh di Tigaraksa

Nantinya provinsi Banten sudah menunjuk fasilitas kesehatan menyediakan dengan tahapan pemeriksaan. Jika dilihat dari surat keterangan PCR dilakukan sebelum pemberangkatan jamaah haji yang nantinya akan dilaksanakan pada Juni 2022.

“Persyaratan penyakit yang diderita, apakah jamaah haji sehat fisiknya, jadi nanti ada persyaratan istitoah, apakah dia nanti bisa diberangkatkan dengan sakit yang diderita saat ini, apakah dibantu dengan obat, dibantu alat atau dibantu dengan pendamping, seperti medical check up,” terangnya. (Rez)