oleh

Dindikbud Tangsel Siap Gelar UNBK SMP

Kabar6-Terhitung mulai besok selama empat hari kedepan ribuan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) setempat pun telah melakukan persiapan matang demi suksesi penyelenggataanya.

“Insya Allah kami sudah 100 persen siap menggelar UNBK tingkat SMP,” ungkap Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono, Minggu (21/4/2019).

Ia jelaskan, selama dua hari akhir pekan ini segala persiapan sudah dilakukan. Bahkan dirinya terjun langsung untuk memastikan semua sarana dan prasarana UNBK SMP siap dilaksanakan.

“Pas haei Sabtu dan Minggu semua sekolah sudah kami cek termasuk sinkronisasi sistem dengan pusat,” terang Taryono. Menurutnya, di Kota Tangsel ada sebanyak 189 sekolah negeri maupun swasta.

kabar6.com
Dindikbud Tangsel Siap Gelar UNBK SMP.(yud)

Terdiri dari 22 SMP negeri atau yang dikelola oleh pemerintah dan 167 SMP dikelola yayasan swasta. Sedangkan ada 171 sekolah mandiri dan 18 sekolah menumpang.

Taryono memaparkan, untuk jumlah peserta ada 17.693 siswa. Di antaranya, laki-laki sebanyak 8.878 orang dan perempuan 8.815 orang.

“Saya ucapkan terima kasih semua pihak yang sudah menyiapkan UNBK secara baik, semoga UNBK besok berjalan lancar, sukses dan memperoleh prestasi terbaik,” jelas Taryono.

Sementara itu terpisah, Kepala SMP Negeri 4 Tangsel, Rita Juwita menyatakan pihaknya sudah sangat siap melaksanakan UNBK pada Senin besok. Semua sistem di SMPN 4 Tangsel sudah sinkron semua dan sudah dicek.

“Persiapan UNBK di SMPN 4 Tangsel sudah siap. Di kami ada 4 Lab dan jumlah siswa kami ada 318 dengan menggunakan 120 komputer. Terbagi menjadi tiga sesi pelaksanaan UNBK,” ucap Rita.

Ia juga telah menyiapkan empat server utama dan dua server cadangan. Adapun server cadangan sebanyak 15 yang disebar di empat laboratorium dengan masing-masing ruangan 3 komputer.

“Saya harap besok UNBK lancar hingga usai tanpa ada kendala,” harap Rita. UNBK tingkat SMP sederajat digelar mulai 22-25 April 2019.

Setiap harinya dibagi menjadi tiga sesi. UNBK hari pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dilanjutkan pada Selasa ujian mata pelajaran Matematika.

Rabu dijadwalkan UNBK untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Sementara hari terakhir mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.(adv)

Berita Terbaru