oleh

Dilanda Konflik Internal, Ketua KNPI Diminta Kedepankan Etika

Kabar6-Mantan Ketua DPD KNPI Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja, menyayangkan adanya konflik terkait komposisi kepengurusan di wadah berhimpun yang menaungi Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) di daerah itu.

 

“Sangat disayangkan, bila konflik ini dibiarkan berkepanjangan. Saya minta  konflik tersebut segera disudahi,” ungkap pria yang pernah memimpin KNPI pada era reformasi 1997 silam. Rabu (21/1/2015)

 

Menurut Soma, semestinya proses perekrutan calon pengurus tak perlu dibuat ribet atau neko-neko, karena KNPI ini merupakan wadah berhimpun dan bersilaturrahmi bagi para pemuda.

 

Artinya, setiap kaum muda yang memiliki keinginan untuk menjadi pengurus, baik itu dari pihak lawan maupun pendukung pemenang, tentu harus diapresiasi dan diakomodir. ** Baca juga: Soma Klaim Pemerintah Bakal Subsidi Spare Part Angkot

 

“Saya rasa enggak perlu neko-neko dalam merekrut calon pengurus. Ada  pemuda yang masih mau aktif saja sudah bagus. Mau berapa pun anggotanya, dirangkul saja semuanya. Toh, pada akhirnya akan ada seleksi alam,” katanya.

 

Dahulu, kata Soma, semasa dirinya dipercaya memimpin wadah tersebut, semua orang yang ingin berbuat dan membesarkan organisasi tak peduli kawan atau lawan, justru dia libatkan secara langsung didalam komposisi pengurus.

 

Padahal, di era itu posisi KNPI tengah mengalami gejolak cukup luar biasa. Ada sebagian orang yang menginginkan organiasi ini bubar, karena dianggap beraviliasi dengan pemerintahan orde baru.

 

“Tapi, saya dan rekan-rekan pengurus lainnya berupaya keras mempertahankan, agar KNPI tetap berdiri. Dan, terbukti sekarang KNPI menjadi salah satu organisasi yang paling seksi, serta cukup bergengsi,”

 

Ditambahkan Soma, pihaknya menyarankan kepada Ketua DPD KNPI Kabupaten Tangerang, Cucu Abdurrosyied, supaya mengedepankan etika dalam proses perekrutan calon pengurus.

 

Pasalnya, organisasi yang saat ini berdiri bukan untuk dan atas nama diri sendiri, maupun kelompok.

 

“Posisi KNPI itu adalah mitra kritis bagi pemerintah. Untuk itu, saya berharap para pengurusnya lebih profesional dan memiliki etika,” tandas Soma, yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang ini.(agm/din)

Berita Terbaru