oleh

Di Korea Selatan Ada Layanan Pemakaman Gratis untuk Orang yang Masih Hidup

Kabar6-Banyak hal di dunia ini yang tampak unik alias tidak biasa terjadi. Salah satunya adalah sebuah layanan di Korea Selatan (Korsel) yang menawarkan pemakaman gratis, untuk mereka yang masih hidup.

Sejak dibuka pada 2012 lalu, melansir Asiaone, sudah lebih dari 25 ribu orang telah mengikuti layanan unik di Hyowon Healing Center ini. Tujuan pemakaman untuk orang yang masih hidup ini dilakukan untuk memperbaiki kehidupan mereka dengan menirukan prosesi kematian mereka.

“Saat Anda jadi sadar mati dan mengalaminya, Anda melakukan pendekatan baru pada hidup,” kata Cho Jae-hee, salah seorang peserta.

Para peserta, mulai dari remaja hingga pensiunan, mengenakan kain kafan, melakukan foto pemakaman, menulis wasiat terakhir dan berbaring dalam peti jenazah yang ditutup selama sekira 10 menit.

Diketahui, Korsel berada di rangking 33 dari 40 negara yang disurvei dalam Indeks Hidup Lebih Baik oleh Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

Banyak pemuda Korsel memiliki harapan tinggi pada pendidikan dan pekerjaan yang kini semakin tertekan akibat ekonomi yang melemah dan meningkatnya pengangguran.

“Penting untuk belajar dan menyiapkan kematian meski di usia muda,” kata Profesor Yu Eun-sil, doktor di departemen patologi Asan Medical Center yang menulis buku tentang kematian. ** Baca juga: Fenomena Alam Luar Biasa, Muncul Ribuan ‘Telur Es’ di Finlandia

Disebutkan, perusahaan pemakaman Hyowon menawarkan pemakaman hidup untuk membantu semua orang agar dapat mengapresiasi hidupnya dan memaafkan serta berdamai dengan keluarga dan teman-temannya.

Penasaran mencoba? (ilj/bbs)

Berita Terbaru