oleh

Di Irlandia, Domba dan Kambing yang Sedang Makan Rumput Temukan Ratusan Kuburan Kuno

Kabar6-Berkat bantuan domba dan kambing, ratusan kuburan yang terlupakan selama berabad-abad lamanya, ditemukan di halaman gereja di Irlandia. Hewan-hewan tersebut sengaja dikerahkan untuk membersihkan kuburan yang tertutup rumput, di samping gereja St Matthew di Cork.

“Mereka membantu mengembalikan sejarah yang terlupakan,” kata Audrey Buckley, salah satu sukarelawan proyek konservasi pemakaman.

Lebih dari 500 kuburan yang diperkirakan hilang, melansir allthatsinteresting, telah ditemukan di balik rumput yang rimbun. Upaya untuk memperbaiki pemakaman ini dimulai pada musim panas 2020 lalu, sebagai bagian dari perluasan proyek konservasi Templebreedy Save our Steeple.

“Kami mencoba untuk mengembalikan sejarah kami, memungkinkan orang untuk terhubung dengan leluhur yang terlupakan,” terang Buckley. “Ini tentang menyatukan masyarakat kita, sekaligus melestarikan masa lalu kita.”

Gereja yang terletak di puncak bukit, menghadap desa Crosshaven, Cobh dan pelabuhan Cork ini dibangun pada abad ke-18. Berdiri di lokasi gereja sebelumnya berdiri, gereja ini lambat laun menjadi puing-puing dengan kuburan tertua yang berasal dari 1711 silam.

Sekira 400 kuburan yang ditemukan, memiliki batu nisan dengan tulisan di permukaannya, dan detail dalama nisan itu kini telah diunggah ke database online. Di antara makam-makam itu, ada makam Maria Kate Russel yang ketika meninggal pada 1872 baru berusia dua tahun.

Para relawan juga dapat menemukan ‘tiga atau empat orang lain’ yang merupakan kerabat dari sejumlah orang yang jenazahnya dimakamkan di pemakaman gereja ini. Di dekat pemakaman, di pantai Cork, terdapat Fort Camden, benteng di pesisir yang berdiri sejak pertengahan abad ke-16.

Sejak mengikutsertakan kambing dan domba sebagai relawan proyek, lebih dari 100 batu penanda telah ditemukan di St Matthew’s. Inspirasi Buckley muncul ketika melakukan perjalan ke pantai Mumbles di Wales untuk mengunjungi sepupunya. ** Baca juga: Seorang Warga Nigeria Jual Rumah dan Tanah untuk Menebus Tujuh Anaknya yang Diculik Pria Bersenjata

“Kami sedang berjalan di Gower dan saya kagum melihat domba-domba itu, berjalan-jalan dan tempat itu seperti karpet. Itu fantastis. Langsung saya berpikir, ini luar biasa, mungkinkah ini akan berhasil di tempat saya tinggal, ada gereja tua tanpa ada yang memelihara. Empat kambing dipinjam dari seorang warga perempuan di Cork barat. Kambing-kambing itu menjadi titik fokus proyek dan masyarakat dengan cepat turut terlibat.

Para kambing kembali ke kandang mereka setelah membersihkan lapisan pertama semak belukar, sedangkan empat domba direkrut awal tahun ini. Dan ketika domba mulai bekerja dengan memakan rumput-rumput, mereka mulai menyibak batu nisan.

Sementara upaya itu berlanjut, para sukarelawan sekarang bekerja dengan Irish Heritage Trust untuk menentukan masa depan proyek tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru