oleh

DBMSDA Perbaiki Tanggul Jebol di Tangsel

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) mengaku telah meminta ke pihak Provinsi Banten supaya pekan ini sudah bisa mengambil langkah cepat dan tepat.

Tentunya langkah tersebut untuk mengatasi masalah tanggul di Kali Ciputat yang telah jebol lagi.

“Saya sudah koordinasi ke pihak provinsi (Banten) agar segera menurunkan orang untuk secepat mungkin melakukan perbaikan,” terang Kepala Bidang Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangsel, Aji Awan, Senin (14/10/2013).

Sejak dua hari yang lalu, Awan bilang, pihak Provinsi Banten sedang melakukan perbaikan terhadap tanggul tersebut. Pondasi di tanggul yang longsor akan diperkuat lagi agar mampu menahan derasnya debit air.

Terutama pada saat terjadi banjir Jauh sebelumnya, pihak DBMSDA Kota Tangsel telah melakukan langkah preventif dan komprehensif. Awan mengklaim, penanganannya dilakukan pada pagi harinya usai longsor.

Semua tumpukan material batu dan tanah yang memenuhi permukaan aliran air langsung diangkut. Agar aliran air yang memisahkan antara Perumahan Nerada dan Pondok Payung Mas itu bisa lancar.

Kini dibagian tanggul di sisi Perumahan Pondok Payung Mas kini sudah rampung dan kini telah berdiri konstruksi anyar dan lebih kuat. Sehingga ketika air kali sedang meluap tidak tumpah dan menggenangi rumah warga sekitar.

“Pas kejadiannya malam (pekan kedua Februari lalu), besok paginya kami langsung perbaiki,” klaim Awan.

Soal sistem perbaikannya pada permukaan bidang tanah di rumah warga Perumahan Nerada Blok C2/10 yang longsor dipasangi tumpukan karung berisi pasir. Sistem itu, terang Awan, hanya untuk langkah sementara waktu selama kondisi darurat bencana.

Sebab, penanganan lebih lanjutnya akan segera dilakukan atas dukungan dari instansi terkait di Provinsi Banten. “Yakni melakukan normalisasi dan kuatan tanggul kali Ciputat. Sistemnya dengan membuat bronjong bat,” janjinya.(yud)

Berita Terbaru