oleh

Daftar Kekayaan Cabup & Cawabup Tangerang Belum Dipublis

Kabar6-Belum dipublikasikannya daftar harta kekayaan empat pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (cawabup) dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Tangerang, tak urung mengundang pertanyaan banyak pihak.

Kondisi itu tak urung memunculkan spekulasi, bahwa belum dipublisnya harta kekayaan Cabup dan Cawabup menjadi sebuah bukti tidak maksimalnya kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang.

“Kondisi ini sungguh aneh. Karena seharunya harta kekayaan pasangan Cabup dan Cawabup sudah dipublis jauh hari sebelum kampanye dimulai. Sedangkan kondisi yang terjadi sekarang justru sebaliknya,” ujar Direktur Eksekutif Bee Plus, Jahrudin Arsad.

Menurutnya, adalah hak masyarakat Kabupaten Tangerang untuk mengetahui berapa jumlah harta kekayaan para Cabup dan Cawabup yang bertarung dalam Pemilukada.

“Ini bukan hal yang mengada-ada, tetapi sebagai bentuk keterbukaan publik. Karena, jika nanti salah satu dari empat kandidat itu terpilih, harta kekayaan mereka bisa dipantau masyarakat dan KPK,” ujar Arsad lagi.

Bahkan Arsad menyarankan, agar KPU Kabupaten Tangerang mencontoh KPU Tangerang Selatan (Tangsel) dan KPU Kota Tangerang.

Karena, kedua lembaga penyelenggara Pemilukada itu mengumumkan daftar kekayaan para calon sebelum masa kampanye dilakukan.(rah)

Berita Terbaru