oleh

Cemburu Jadi Salah Satu Penyebab Wanita Gemar Berbelanja

Kabar6-Wanita dan kegiatan berbelanja sepertinya menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan. Tidak heran bila sejumlah pusat perbelanjaan yang menggelar diskon besar-besar langsung diserbu kaum hawa.

Apa sih yang menyebabkan wanita gemar berbelanja? Selain karena hobi dan gaya hidup, ternyata ada alasan lain yang menyebabkan hal itu.

Riset oleh Xun Huang, PhD, melansir CNN Indonesia, menunjukkan bahwa alasan utama wanita berbelanja adalah rasa cemburu. Huang yang menerbitkan studinya di ‘Journal of Consumer Psychology’, menyebutkan bahwa semakin besar rasa iri dan cemburu yang dirasakan wanita, semakin banyak mereka berbelanja.

Studi ini awalnya ingin mencari tahu kaitan antara perilaku pasangan dan kebiasaan berbelanja. Namun di pertengahan studi, dia menemukan bahwa wanita yang merasa cemburu akan lebih banyak lagi membeli barang-barang mewah, untuk menarik perhatian pasangannya.

Tertarik dengan penemuan itu, Huang melakukan lima studi lanjutan. Dia pun menemukan benang merah antara pembelian impulsif akan barang-barang berwarna cerah dan produk desainer, saat rasa cemburu meningkat.

“Ketika perasaan iri atau cemburu meningkat, wanita biasanya lebih banyak membeli barang-barang berwarna cerah, seperti merah, atau produk berlabel desainer,” urai Huang.

Di sisi lain, rasa cemburu yang dipelajari Huang, tidak sebatas cemburu pada pasangan. Melainkan juga rasa iri pada saudara, teman atau rekan sekerja. “Rasa cemburu itu meningkatkan keinginan berkompetisi, sehingga memicu hasrat membeli sesuatu secara kompulsif,” jelasnya lagi.

Partisipan yang merasa iri, dikatakan Huang, akan lebih tertarik membeli barang dengan detail meriah yang bisa menarik perhatian. “Tapi, mereka akan menempatkan barang tersebut di lokasi yang mudah terlihat orang lain,” ungkap Huang.

Selain itu, rasa cemburu juga mengalahkan malu. Huang menyebut, mereka yang merasa cemburu, tidak akan malu mengenakan barang yang sebelumnya dianggap norak, demi terlihat lebih atraktif. ** Baca juga: Bikin Asupan Gizi Tidak Seimbang, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Bersama Nasi

Apakah Anda pun demikian, Ladies? (ilj/bbs)

Berita Terbaru