oleh

Bikin Asupan Gizi Tidak Seimbang, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Bersama Nasi

Kabar6-Sebagai makanan pokok, nasi selalu memiliki ‘teman’ berupa lauk pauk seperti tempe, ayam, daging, telur, hingga sayuran. Namun tahukah Anda, ternyata tidak semua lauk bisa dimakan dengan nasi?

Hal ini karena kombinasi beberapa bahan makanan yang salah bisa membuat asupan gizi menjadi tidak seimbang. Salah satu kesalahan yang umumnya dilakukan adalah mengkombinasikan nasi dengan makanan yang tinggi karbohidrat juga.

Meskipun sebenarnya bukan hal yang berbahaya, kebiasaan tersebut menyebabkan asupan karbohidrat harian menjadi berlebihan. melansir MSN, berikut lima jenis makanan yang sebaiknya tidak dimakan bareng nasi:

1. Kentang
Seperti nasi, kentang kaya akan karbohidrat. Menurut Nutrition Data, satu cangkir kentang rebus (100 gram) mengandung 21 gram karbohidrat.

Jadi bila Anda mengonsumsi nasi dan kentang bersamaan, akan membuat asupan karbohidrat menjadi berlebihan. Hindari juga mengonsumsi nasi bersama olahan makanan yang terbuat dari kentang

2. Ubi
Meski terlihat lezat dan bergizi, kombinasi keduanya ternyata bisa membuat asupan karbohidrat menjadi berlebihan. Ubi dikemas dengan 21 gram karbohidrat per 100 gram. Jumlah ini tentunya sama dengan kandungan karbohidrat yang dimiliki kentang. Justru Anda bisa mengonsumsi ubi sebagai pengganti nasi.

3. Mi
Kombinasi mi dan nasi akan membuat asupan karbohidrat semakin meningkat. Selain itu, Anda juga akan merasa kenyang lebih cepat. Ketimbang mengkombinasikannya dengan mi, lebih baik Anda makan nasi dengan lauk yang berasal dari protein (baik hewani maupun nabati). Hal ini agar kecukupan gizi seimbang.

4. Jagung
Jagung juga sering diolah menjadi lauk pendamping nasi, seperti dibuat menjadi sup hingga perkedel. Sayangnya, jagung juga menjadi biji-bijian yang tinggi karbohidrat. Dalam setiap 100 gram jagung bahkan terdapat 25 gram karbohidrat. Lebih baik konsumsi jagung bersama makanan lainnya.

5. Makanan yang diolah dengan tepung terigu
Makanan yang diolah dengan tepung terigu memang lezat, antara lain seperti gorengan hingga ayam goreng tepung yang renyah. Namun kombinasi keduanya, bisa membuat asupan karbohidrat semakin meningkat.

Untuk itu, usahakan memilih lauk yang tidak menggunakan tambahan tepung. ** Baca juga: Tidak Disarankan Minum Air dari Botol Plastik Bekas Pakai Berulang Kali

Yuk, mulai cermat lagi pilih lauk pendamping nasi agar gizi yang dikonsumsi tetap berimbang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru