oleh

Cegah Jerawat Dengan Gaya Hidup Sehat

Kabar6-Kulit adalah organ tubuh yang terletak paling luar dan membatasinya dari lingkungan hidup manusia. Kulit juga merupakan organ elastis dan sensitif, bergantung pada iklim, umur, jenis kelamin, dan ras. Secara garis besar, kulit tersusun dari tiga lapisan utama yaitu epidermis, dermis, dan subkutis.

 

Epidermis merupakan lapisan paling luar yang berfungsi sebagai pertahanan fisik dan kimia terhadap lingkungan luar. Dermis merupakan lapisan di bawahnya dengan fungsi sebagai penyokong kulit, dan berperan penting dalam sirkulasi dan nutrisi. Sedangkan subkutis  berperan sebagai tempat penyimpanan lemak.

 

Mengapa kulit perlu dirawat?  Menurut dr. Teti Loho , SpKK, dokter kulit dan kelamin Eka Hospital BSD City, kulit manusia tidak bebas hama, dan  permukaan kulit mengandung banyak  bahan makanan untuk pertumbuhan organisme (bakteri, parasit, jamur). ** Baca juga: Hilangkan Nafsu Makan Dengan Aroma Ini

 

“Ada beberapa macam kelainan kulit, namun yang sering dikeluhkan yaitu jerawat (acne) yaitu peradangan folikel pilosebasea yang ditandai dengan komedo, papul, pustul, nodus, kista. Penyebabnya  secara pasti belum diketahui. Faktor yang diduga sebagai pemicu acne adalah peningkatan kadar hormon androgen,  produksi sebum yang meningkat, perubahan pola keratinisasi, stress, genetik, makanan,  dan cuaca,” jelas Teti.

 

Agar tidak timbul jerawat atau acne, Teti menganjurkan untuk melakukan perawatan kulit dengan menjaga kebersihan kulit dari kotoran. Melakukan diet rendah lemak & karbohidrat (masih kontroversi). Pemakaian kosmetik secukupnya, tidak berlebihan. Menjauhi rokok, minuman keras (kelenjar minyak terpacu). Hidup teratur (istirahat cukup), dan menghindari polusi debu.(asri)

Berita Terbaru