oleh

Wow, Pulau Ini Penghuninya Bukan Manusia

Kabar6-Jutaan pulau baik kecil maupun besar tersebar di berbagai belahan dunia ini. Umumnya para penghuni pulau adalah manusia, entah itu manusia modern atau suku pedalaman.

 

Namun ada beberapa pulau yang penduduknya kebanyakan bukan manusia. Apa sajakah itu?

 

1. Okunoshima Island

Disebut juga sebagai Usagi Jima atau Pulau Kelinci. Pada Perang Dunia Kedua, pulau ini dijadikan sebagai basis militer untuk pengembangan racun kimia dan senjata biologis lainnya. Termasuk juga sebagai lahan pembuangan limbah kimia.

Selama 16 tahun, militer Jepang menggunakan pulau ini untuk menghasilkan kiloton gas yang mematikan. Dan kehadiran kelinci di pulau ini awalnya adalah sebagai bahan percobaan uji kimia.

 

Pada 1971, sekelompok anak sekolah melepaskan delapan kelinci di pulau ini. Tak disangka, beberapa tahun kemudiankelinci itu berkembang biak hingga mencapai lebih dari 300 ekor. ** Baca juga: Wuuiihh…Ini Cara Diet Ekstrem

 

2. Sable Island

Terletak sekitar 100 mil dari Nova Scotia (Skotlandia baru), yang merupakan sebuah provinsi Kanada di sebelah pesisir timur. Pemerintah setempat menetapkan Pulau Sable sebagai taman nasional. Pulau ini terkenal lantaran banyak bangkai kapal dan kuda liar.

 

Sejak 1583, telah tercatat sekitar 350 kapal karam di laut dekat pulau ini. Sementara jumlah kuda liar diperkirakan mencapai 400-an ekor.

 

3. La Isla de las Munecas

Dikenal juga sebagai The Island of the Dolls (pulau boneka), yang terletak di Kanal Xochimico, dekat Mexico City. Konon, terdapat sebuah kuil yang didedikasikan untuk seorang gadis kecil yang meninggal secara misterius di Kanal.

 

Awalnya, pulau ini dihuni oleh Don Julian Santana, yang memutuskan menyendiri untuk meninggalkan hal-hal yang berbau duniawi. Namun selama menyendiri, Santana dihantui oleh arwah gadis cilik.

 

Untuk menenangkan arwah yang mengganggunya, Santana pun menggantungkan boneka di berbagai tempat. Pada 17 April 2001, Santana ditemukan tewas secara misterius oleh keponakannya sendiri, di tempat arwah bocah yang mengganggunya dulu tewas tenggelam.

 

4. Ilha de Queimada Grande

Terletak 90 Km dari kota Sao Paulo, Brasil, dan terkenal sebagai Pulau Ular. Diperkirakan terdapat lebih dari 5.000 ekor ular di pulau seluas 106 hektare tersebut. Salah satu ular paling berbisa yang paling mematikan, The Golden Lancehead Viper (Bothrops insularis), merupakan penghuni pulau ini.

 

5. Natal Island

Berada di wilayah bagian Australia yang terletak di Samudera Hindia, tepatnya di barat daya pulau Jawa. Pulau ini ditemukan pada 1643, dengan luas 135 kilometer persegi. Sebanyak 63 persen dari pulau ini adalah taman nasional yang dilindungi Australia, dan menjadi ekosistem hutan yang sempurna untuk kepiting merah.

 

6. Tashirojima Island

Dikenal juga sebagai Pulau Kucing, yang terletak di dekat Ishinomaki – Prefektur Miyagi. Pulau ini dikuasai oleh ratusan ekor kucing.

 

Awalnya, kucing dipelihara untuk mengusir tikus dari peternakan. Namun ketika peternakan banyak yang ditutup, sebagian besar penduduk meninggalkan pulau tersebut. Namun populasi kucing semakin berkembang.

 

7. Pulau Komodo

Terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, Indonesia. Di Pulau ini, komodo berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, terdapat sekitar 1.300 ekor komodo. Jika ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah komodo secara keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor.

 

Selain itu, ada sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul, di daratan Pulau Flores, yang tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

 

Seru khan? Kapan ya bisa berkunjung ke salah satu pulau itu? (ilj)

Berita Terbaru