oleh

Bupati Zaki Buka Sosialisasi PDRB

Kabar6-Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar membuka sosialisasi PDRB (Produk Domestik Regional Bruto), IPM (Index Pembangunan Manusia) dan sensus ekonomi 2016.

Sosialisasi yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BP2D) Kabupaten Tangerang itu berlangsung di ruang rapat Parakan, Gedung Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tangerang, Kamis (10/12/2015).

Kepala BP2D Kabupaten Tangerang, Hery Heryanto mengatakan, adanya perubahan tahun dasar PDRB dari tahun 2000 ke 2010, karena dipicu beberapa hal.

Salah satunya karena perubahan struktur ekonomi selama 10 tahun terakhir, terutama di bidang informasi dan teknologi serta transportasi, yang berpengaruh terhadap pola distribusi dan munculnya produk-produk baru.

Selain itu, rekomendasi PBB tentang pergantian tahun dasar dilakukan setiap lima  atau sepuluh tahun sekali. Dan, perubahan tahun dasar PDRB tersebut, diharapkan memberikan gambaran perekonomian nasional terkini, baik dalam pergeseran struktur ekonomi maupun pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kualitas data PDB/PDRB yang dihasilkan dan dapat diperbandingkan secara internasional.

Sehingga, implikasi dari perubahan tahun dasar PDRB 2010 dapat meningkatkan nominal PDB/PDRB dan mengubah indikator makro yang mengakibatkan perubahan input data untuk modelling dan forecasting.

Kabid Neraca Wilayah statistik, Noneng Komara Nengsih, selaku Narasumber dalam sosialisasi tersebut mengatakan, IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan kualitas hidup manusia.

Adapun perubahan metode penghitungan IPM itu sendiri, dilakukan atas beberapa pertimbangan. Diantaranya, adanya beberapa indikator yang sudah tidak tepat lagi digunakan dalam penghitungan IPM.

Seperti Angka melek Huruf (AMH) yang sudah tidak relevan dalam mengukur pendidikan secara utuh karena tidak dapat menggambarkan kualitas pendidikan.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam sambutannya mengatakan, dasar yang melatarbelakangi perubahan Tahun dasar PDRB dikarenakan pengaruh perekonomian global terhadap struktur perekonomian nasional dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir dan dalam rangka mengimplementasikan SNA 2008 sesuai dengan rekomendasi PBB.

Selain itu juga untuk menjaga konsistensi dan perbedaan antara PDB dan PDRB, sehingga dapat merasakan pertumbuhan ekonomi yang positif, dengan cara meningkatkan kualitas data PDB/PDRB yang dihasilkan, serta menjadikan data PDB/PDRB sebagai bahan perbandingan dengan wilayah lainnya.

Lebih jauh  Zaki menambahkan, pembangunan manusia dapat menempatkan manusia sebagai tujuan akhir pembangunan, bukan hanya alat dari pembangunan.

Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan yang memungkinkan rakyat untuk menjalankan hidup yang lebih produktif dan bermanfaat.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya acara sosialisasi ini kedepan, Kabupaten Tangerang dapat menuju kearah yang lebih baik. Dengan menitik beratkan kepada pembangunan manusia yang produktif sesuai data yang rill dan kongkret serta dapat dipertanggungjawabkan,” kata Zaki.

Dan dalam kegiatan tersebut, Zaki Iskandar menyempatkan diri melihat kondisi bangunan di gedung PU dan pelayanan kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.(hms)

Berita Terbaru