oleh

BPBD Kota Tangerang Fokuskan Penyuluhan Kesiapsiagaan Bencana

Kabar6-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang saat ini tengah fokus menjalankan kegiatan penyuluhan kesiapsiagaan bencana diwilayahnya.

Hal tersebut dilakukan, sebagai upaya pencegahan dan keselamatan bencana yang berbasis masyarakat.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tangerang, Irman Pujahendra mengungkapkan, bahwa pada tahun ini pihaknya akan segera merekrut para relawan, dimasing-masing kelurahan, khususnya didaerah paling rawan bencana.

“Nanti disitu, masyarakat yang kita libatkan sebagai relawan bencana akan diberikan bekal pengetahuan mengenai bagaimana melakukan upaya pertolongan pertama terhadap dampak bencana yang terjadi. Termasuk juga perihal perlengkapan yang diperlukan,” ungkapnya, Senin (22/6/2015).

Sehingga, lanjut Irman, masyarakat tak perlu harus sampai menunggu kedatangan petugas, hingga menelantarkan korban ataupun dampak bencana yang dimungkinkan dapat menjadi lebih besar.

“Kegiatan ini pun sudah berjalan di enam kelurahan. Kita harap, di tahun ini, semuanya sudah dapat terbentuk. Ini adalah bagian dari upaya Pemkot Tangerang, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, baik itu pencegahan maupun penanggulangannya,” tukasnya.

Irman menambahkan, kedepan, pihaknya juga akan mencoba menerapkan sistem teknologi city, dalam upaya penyampaian informasi melalui Teknologi Desenter Informasi.

“Jadi nanti semua bisa mengakses titik lokasi bencana yang tengah terjadi. Jadi tinggal dilihat secara online melalui BPBD,” pungkasnya.(adv)

Berita Terbaru